27Oct, 2011

Destination Marketing

Destination Marketing-Theprtalk.com public relations

hdr-dmoPariwisata menjadi asset berharga bagi setiap Negara atau kota. Pariwisata dapat mempengaruhi tingkat ekonomi dan sosial budaya dari suatu tempat.

Untuk membantu mendongkrak tingkat turis yang masuk ke dalam suatu Negara atau kota dibutuhkan destination marketing. Destination marketing adalah proses komunikasi dengan potensial visitor untuk mempengaruhi tujuan pariwisata mereka, keinginan untuk travelling pada tujuan dan produk produk yang mereka inginkan pada kota atau Negara destinasi. Destination marketing memiliki andil besar dalam proses implementasi, dimana dalam destination marketing tedapat usaha untuk mengkomunikasikan nilai nilai, visi, dan berkompetisi untuk mempromosikan tempat destinasi pariwisata.

Agar sukses dalam destination marketing, kita perlu :

  • Mengerti motivations dan keinginan dari turis yang membuat mereka datang ke suatu tempat.
  • Mengerti bagaimana turis membuat suatu travel planning
  • Identifikasi turis market sehingga bisa membuat destination attractions yang sesuai dengan keinginan mereka  

Destination marketing juga memerlukan kerjasama dengan beberapa pihak agar destination marketing bisa berjalan dengan sempurna.

  • Membuat rencana strategi marketing yang terkatin dengan aktifitas destinasi marketing- Mempersuasi stakeholder agar tetap mendukung kampanye yang kita lakukan.
  • Menggunakan komunitas sosial media untuk membangun awareness dan citra dari Negara atau kota destinasi
  • Menggunakan cara yang unik dan kreatif dalam mempromosikan suatu destinasi dan jangan lupa untuk selalu memasukkan message kit adalam setiap kampanye.

Destination Marketing sudah dilakukan oleh Tourism Queenslan dimana menggunakan kampanye “The Best Job in The World” pada tahun 2009. Kampanye ini digunakan untuk mempromosikan Great Barrier Reef sebagai global tourism destination.

The Best Job in The World ini menggunakan website dimanawebsite ini berusaha untuk encourage potensial tourist dari seluruh dunia untukmendaftarkan diri sebagai “Caretaker of the Islands” untuk menjaga HamiltonIsland (salah satu pulau di Great Barrier Reef). Pemenang dari The Best Job in The World iniakan mendapatkan gaji yang besar yaitu AUD $150,000, tinggal di million dollarvilla, transportasi dan akomodasi di pulau itu pun juga ditanggung olehQueensland. Pemenang dari kampanye ini selama 6 bulan akan bekerja terkaitdengan promosi Queensland seperti blogging, update videos, photos, dan lainnya.

Bagaimana kampanye ini bekerja untuk mempromosikanQueensland?

Para peserta The Best Job in The World diharuskanmengirimkan video berdurasi 60 detik ke website www.islandfreejob.com , dimana videotersebut mempromosikan Queensland dengansukarela dan sesuai kreativitas dari peserta. Setelah kampanye ini selesai, Tourism Queenslandmendapatkan $200million global publicity, 34,684 video yang masuk dari 201negara, masuk dalam 6000 berita dari seluruh dunia.

Queensland menggunakan opportunity dari krisis yang ada.Pada saat kampanye ini dilaksanakan, hal yang paling dicari oleh masyarakatseluruh dunia adalah pekerjaan, maka Queensland menggunakan konsep The Best Jobin The World sebagai cara mereka mempromosikan Queensland. Secara tidaklangsung semua yang mengikuti kampanye ini mempromosikan Queensland secara sukarela dan gratis.

sumber : http://www.sustainabletourismonline.com/destinations-and-communities/implementation/destination-marketing

Leave a Reply

%d bloggers like this: