31Jul, 2012

Citilink Ubah Kode Penerbangan Dari GA Menjadi QG

Citilink_Ubah_Kode_PenerbanganJakarta, 1 Agustus 2012 – Citilink Indonesia, anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia, Tbk., untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), mengubah kode penerbangan dari GA menjadi QG per tanggal 30 Juli 2012. Setelah menerima sertifikat Air Operation Certificate (AOC) dari Departemen Perhubungan Republik Indonesia, manajemen Citilink yang sebelumnya berada di bawah manajemen PT. Garuda Indonesia Tbk., perlahan memulai manajemen yang dinamis dan mandiri.

AOC adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan RI bagi para perusahaan maskapai yang resmi beroperasi di Indonesia. Selama ini, sebagai anak perusahaan dari PT. Garuda Indonesia Tbk., Citilink beroperasi dengan menggunakan AOC milik Garuda Indonesia. Kini dengan memiliki AOC sendiri, Citilink sudah resmi menjadi salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang mandiri. Pergantian dua digit nomor identifikasi ini menandai era baru perubahan dalam manajemen Citilink dan merupakan puncak dari Spin Off Citilink.

Penumpang yang sudah membeli tiket Citilink dengan kode penerbangan GA tetap dapat menggunakan tiket tersebut. Sesuai dengan syarat dan kondisi dari tiket yang sudah dimiliki oleh penumpang, penumpang tetap mendapatkan haknya serta dapat tetap terbang sesuai dengan tujuan yang tertera pada tiket yang bersangkutan. Penumpang dapat melakukan check in di bandara meskipun tiket masih menggunakan kode penerbangan GA. Detail tentang perubahan kode penerbangan yang baru dari GA menjadi QG dapat dilihat di www.citilink.co.id.

“Petugas kami akan memberikan boarding pass dengan nomor kode penerbangan yang baru disaat penumpang melakukan check-in,berikut keterangan Arif Wibowo, CEO PT. Citilink Indonesia dalam siaran persnya hari ini.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, booking system di dalam situs internet Citilink juga mengalami migrasi pada tanggal 29 Juli 2012 pukul 21.00 WIB hingga tanggal 30 Juli 2012 pukul 20.00. Selama masa migrasi ini, pelanggan tetap dapat mengakses situs Citilink namun tidak dapat melakukan reservasi melalui situs internet Citilink. Pelanggan tetap dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket melalui Sales Office dan Call Center Citilink. Jika para penumpang mengalami kesulitan teknis terhadap hal ini, silahkan menghubungi Call Center atau datang ke Sales Counter Citilink di kotanya.

Arif Wibowo menambahkan, “30 Juli 2012 adalah hari bersejarah bagi Citilink. Karena hari ini Citilink benar-benar lahir baru. Dengan kode penerbangan baru, pesawat dengan logo baru, sampai disain ID card dan kartu nama juga baru.”

Dengan berdirinya dan beroperasinya PT Citilink Indonesia, sejak tanggal 30 Juli 2012 seluruh hak dan kewajiban Citilink terpisah dengan hak dan kewajiban PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. sebagai induk perusahaan. Berdasarkan hal tersebut di atas, ketentuan pengangkutan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan serta peraturan perundang-undangan lainnya berlaku atas Citilink sebagai entitas hukum yang berdiri sendiri.

Sebagai bukti keberhasilan Citilink dalam komitmennya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan antara lain oleh Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, kategori Best Overall Marketing Campaign di The Budgies and Travel Awards 2012 dan yang terbaru yaitu penghargan Service To Care Award 2012 untuk Airlines category dari Markplus Insight.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Citilink, silahkan kunjungi situs www.citilink.co.id 

Tentang Garuda Indonesia

garuda-logo-vertical-800
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (IDX: GIAA), yang dikenal dengan Garuda Indonesia, adalah maskapai nasional Indonesia. Berkantor pusat di Soekarno-Hatta International Airport. Sebagian besar saham dari Garuda Indonesia masih dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, dan sebagian dimiliki oleh publik. Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan “full service” dengan “4-star Skytrax” dan “IOSA certified”, melayani 32 kota tujuan domestik dan 17 kota di luar Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi www.garuda-indonesia.com.

 

Tentang Citilink Indonesia

Citilink_new_logoCitilink Indonesia adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., untuk menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, Citilink melayani 72 frekuensi harian dari Jakarta dan Surabaya ke Batam, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Medan dan Ujung pandang. Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id.
Halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink).

Leave a Reply

%d bloggers like this: