06Sep, 2012

Hasil Team Drawing Bagi 40 Negara Peserta World Final Aqua Danone Nations Cup 2012

Tim_Nasional_AQUA_DNC_Indonesia_SSB_Banteng_Muda_U-15_dan_Coach_Timo_Scheunemann_Tim Nasional U12 AQUA DNC Tergabung dalam Grup E Bersama Meksiko, Perancis, Rumania, dan Amerika Serikat

WARSAWA, 29 Agustus 2012 – Pelaksanaan festival akbar sepak bola internasional bagi anak U-12, AQUA Danone Nations Cup (AQUA DNC) 2012 tinggal menghitung hari. Pada 22 Agustus 2012 lalu, panitia AQUA DNC 2012 telah melakukan pengundian tim (team drawing) bagi peserta World Finals AQUA DNC 2012 yang berasal dari 40 negara di berbagai penjuru dunia. Hasilnya, Tim Nasional U12 AQUA DNC akan bertanding di Grup E dan akan bertemu tim Meksiko, Perancis, Rumania dan Amerika Serikat di babak kualifikasi.

World Finals AQUA DNC 2012 akan diselenggarakan pada 6-9 September 2012 di National Stadium, Warsawa, Polandia, yang beberapa waktu lalu juga menjadi tuan rumah turnamen EURO 2012. Beberapa hari yang lalu, pada 16 Agustus 2012, AQUA DNC Ambassador Zinadine Zidane juga telah merilis video yang mengundang anak-anak dari seluruh dunia berpartisipasi di ajang yang disebut FIFA sebagai Piala Dunia untuk anak-anak ini.

Di babak World Finals AQUA DNC 2012, seluruh peserta dibagi ke dalam delapan grup. Tiap grup berisi lima tim yang sebelumnya menjadi juara nasional di negara masing-masing. Sedikit berbeda dari tahun-tahun lalu, team drawing kali ini dilakukan jauh sebelum pembukaan World Finals AQUA DNC 2012. Berikut ini adalah hasil team drawing Final Dunia AQUA Danone Nations Cup 2012:

Grup A

Grup B

Grup C

Grup D

Grup E

Grup F

Grup G

Grup H

Brasil

Polandia

Spanyol

Jerman

Meksiko

Jepang

Rusia

Argentina

Inggris

Portugal

Swiss

Belgia

Perancis

Ceko

Ukraina

Irlandia

Belarusia

Australia

Turki

Belanda

Rumania

Bulgaria

Italia

Austria

Korea

Arab Saudi

Afrika Selatan

Cina

Indonesia

Maroko

Tunisia

Singapura

Algeria

Senegal

Pantai Gading

Kanada

USA

Uruguay

Chile

Haiti

Tahun ini, tim Nasional U12 AQUA DNC tergabung dalam grup E, dan akan bertemu rekan-rekan pesepakbola cilik asal Meksiko, Perancis, Rumania, dan Amerika Serikat. Grup E ini adalah salah satu Grup yang akan paling seru, karena Perancis telah beberapa kali menjadi Juara Dunia AQUA DNC, dan Meksiko adalah Juara Bertahan. Indonesia pun termasuk salah satu tim yang paling diperhitungkan, karena selain pernah maju hingga menjadi semifinalis AQUA DNC di tahun-tahun sebelumnya, Indonesia pun tak jarang mendapatkan gelar-gelar prestisius di festival sepak bola anak-anak terbesar di dunia ini. Tahun lalu saja kiper Tim Nasional U12 AQUA DNC, Kurnaim dinobatkan menjadi kiper terbaik kedua sepanjang gelaran AQUA DNC 2011 di seluruh dunia.

AQUA DNC tentu akan menjadi pengalaman baru yang berharga bagi anak-anak Indonesia, karena dapat mewujudkan mimpinya mewakili Indonesia di turnamen kelas dunia, mendapat pengalaman baru, serta bertemu teman-teman baru dari berbagai penjuru dunia.

Brand Director Danone AQUA, Febby Intan mengatakan, ”Pelaksanaan AQUA-AQUA DNC yang memasuki tahun kesepuluh ini, memang diarahkan untuk memberi inspirasi kepada anak-anak Indonesia agar hidup sehat dan mampu meraih mimpi. Melalui AQUA DNC, anak-anak yang memiliki minat tinggi terhadap sepak bola dapat menjadi bagian dari sebuah festival akbar sepak bola internasional. ”

Tim Indonesia akan bertolak dari airport Soekarno Hatta pada 4 September 2012 via Amsterdam dan tiba di Polandia 5 September. Pada 6 September akan digelar acara pembukaan, kemudian dilanjutkan kualifikasi grup pada 7 dan 8 September. Babak final sendiri akan dihelat pada tanggal 9 September 2012.

Ketua Umum PSSI, Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husin juga mengutarakan harapannya,“PSSI sangat memperhatikan pembinaan sepak bola usia dini, sehingga setiap kejuaraan yang melibatkan anak-anak di bawah usia 12 tahun mendapat kontribusi besar. Dengan adanya pembinaan usia dini di setiap daerah, akan menghasilkan output terutama, munculnya pemain-pemain berkualitas yang kelak bisa masuk skuad Tim Nasional Indonesia.”

Tim Nasional U-12 AQUA DNC Indonesia kini tengah menjalani persiapan dengan melakukan Training Camp AQUA DNC 2012 di bawah arahan Coach Timo Scheunemann, di Batu, Malang. Mari berharap lewat training camp tersebut Tim Nasional AQUA DNC Indonesia mampu mengeluarkan penampilan maksimal dan mencetak prestasi membanggakan.

Sekilas mengenai AQUA Danone Nations Cup

AQUA DNC adalah festival akbar sepak bola anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia, bahkan sudah diakui sebagai Piala Dunia sepak bola untuk anak-anak oleh FIFA. Diperkirakan sekitar 2,5 juta anak atau 20.000 tim dari 40 negara di dunia akan berpartisipasi dalam AQUA DNC tahun ini. AQUA DNC didukung oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA) serta French Football Federation, dan menampilkan Zinedine Zidane, pemain sepak bola dari Perancis, sebagai duta internasional-nya.

Di Indonesia, semakin banyak peserta yang mengikuti AQUA-AQUA DNC setiap tahunnya. Pada tahun 2009 tercatat 1.769 tim dengan sekitar 25.000 pemain. Kemudian pada tahun 2010 terjadi peningkatan menjadi 2.569 tim dengan 36.000 pemain. Pada tahun 2011, peserta naik menjadi 3.597 tim dengan sekitar 50.358 pemain.

Pada tahun 2011 lalu, Kurnaim, kiper dari tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Hasanuddin, Makassar berhasil mendapat gelar Kiper Terbaik Kedua AQUA DNC 2011. Tahun sebelumnya tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Banteng Muda dari Malang, Jawa Timur (Pemenang AQUA-AQUA DNC Indonesia 2010) masuk 15 besar, dan berhasil mengejutkan semua orang dengan mencatat kemenangan atas tim-tim unggulan seperti Italia dan Mesir. Sedangkan tim SSB Pengcab Semarang, Jawa Tengah (Pemenang AQUA-AQUA DNC Indonesia 2009) bermain gemilang dan berhasil menduduki posisi enam terbaik dari 40 negara, yang artinya hampir menyamai prestasi terbaik tim AQUA DNC Indonesia tahun 2006 yang sukses masuk babak semi final. Prestasi lain di antaranya adalah pada tahun 2005, tim Indonesia meraih gelar sebagai The Best Attack Team dan memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah AQUA DNC dengan 24 gol. Pada final dunia tersebut, pesepak bola Indonesia Irvin Museng terpilih sebagai The Best Striker, dan sempat dikontrak oleh Ajax Amsterdam Junior.

Leave a Reply

%d bloggers like this: