22Mar, 2011

Kontes Blog Gaya Hidup Hijau

Picture1LATAR BELAKANG DAN TUJUAN 

Tidak dapat dipungkiri penggunaan wadah kemasan sekali pakai seperti kantong plastik dan styrofoam memang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Walhasil, jumlah sampah kemasan sekali pakai pun ikut bertambah.

Oleh karena itulah sebagai bentuk kepedulian Tupperware pada lingkungan, maka Tupperware Indonesia melakukan kampanye Tupperware Gaya Hidup Hijau. Gerakan ramah lingkungan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli lingkungan dan kesehatan tubuhnya dengan menjadikan ramah lingkungan sebagai gaya hidup. Pertimbangan terhadap berbagai produk yang digunakan sehari-hari sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita dan tentunya bagaimana dampak yang ditimbulkan kepada lingkungan.

Melalui kegiatan kompetisi penulisan blog ini, Tupperware ingin menggairahkan semangat para blogger dalam memainkan peran strategisnya dalam menyebarluaskan pesan-pesan dengan tema Gaya Hidup Hijau:

  1. Bagaimana mengenali wadah plastik yang ramah bermanfaat bagi kesehatan dan lingkungan. 
  2. Apa bahayanya penggunaan wadah kemasan sekali pakai pada kesehatan dan juga pada lingkungan – bumi sebagai satu-satunya tempat tinggal bagi manusia.
  3. Peran menyiapkan membawa wadah dari rumah baik untuk membawa bekal maupun digunakan untuk membeli bahan makanan mentah dan siap oleh untuk menunjang pola hidup sehat dan perilaku hidup yang baik bagi lingkungan.

Diharapkan dari tulisan yang dihasilkan oleh para rekan blogger dalam kompetisi ini bisa menggerakkan seluruh masyarakat untuk dapat dengan cermat memilih produk wadah plastik yang baik dan mencanangkan kebiasaan membawa bekal sebagai upaya melakukan pola hidup sehat.

KRITERIA PENGHARGAAN

Kriteria penghargaan didasarkan pada beberapa hal aspek berikut ini:

  • Keaslian. Artikel bukan merupakan saduran atau terjemahan dari karya orang lain. Artikel ditulis dan dikembangkan berdasarkan data dan informasi yang diperoleh blogger dari acara peluncuran program talkshow Gaya Hidup Hijau pada 2 Maret 2011 ataupun peluncuran program Gaya Hidup Hijau pada 4 & 5 Maret 2011 di Cilandak Town Square, maupun sumber-sumber lain yang sejalan / mendukung program edukasi “Gaya Hidup Hijau”,. Akurasi dan kelengkapan data dan informasi sangat esensial. Bahan materi bisa didapatkan dengan mengunduh dari sini.
  • Pesan “Gaya Hidup Hijau”. Kemampuan artikel tersebut mengkomunikasikan pesan-pesan yang terkandung dalam acara peluncuran program “Gaya Hidup Hijau”. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan mudah dicerna oleh segmen pembaca masing-masing media.
  • Kreativitas. Nilai tambah akan diberikan kepada artikel yang mempunyai unsur kreativitas dalam penyajiannya sehingga mampu menarik minat pembaca, seperti pemakaian tabel atau gambar yang didukung oleh bukti survei/riset yang akurat dari berbagai sumber seperti literature, penelitian medis, website dan nara sumber yang tepat untuk memperkuat artikel.

TEMA & TOPIK

Blogger bebas memilih pengambilan angle cerita yang sesuai dengan agenda publikasi masing-masing dalam menyampaikan ketiga pesan Tupperware seperti yang disebutkan diatas. Beberapa alternatif angle dan topik untuk menjadi pertimbangan rekan-rekan blogger adalah:

  • Kesehatan – sehubungan dengan kebiasaan membawa makanan dan penyimpanan yang baik di wadah “food grade”.
  • Lifestyle – sehubungan dengan gaya hidup sehat dan praktis dalam membawa wadah sendiri baik dalam membawa bekal. maupun membeli bahan makanan mentah, makanan matang maupun makanan siap oleh serta pemilihan wadah yang ramah lingkungan seperti Tupperware.
  • Sains – sehubungan dengan penjelasan dan perbandingan fungsi beragam bentuk dan jenis wadah untuk membantu konsumen memilih dengan cermat.

TIM PENILAI

  • Fortune PR, Strategic Communications Consultancy
  • Yanty Melianty, Marketing Director PT. Tupperware Indonesia

MEKANISME, PERSYARATAN & JADWAL

Persyaratan umum:

  • Penghargaan diberikan kepada blogger. Hasil karya yang ditulis oleh lebih dari satu orang (kelompok) dianggap sebagai satu peserta (dan hanya berhak atas satu penghargaan, bila terpilih).
  • Dapat diikuti oleh lebih dari 1 blogger dari setiap blog.
  • Setiap blogger dapat mengirimkan lebih dari satu artikel/tulisan yang telah dimuat.
  • Mengirimkan artikel yang telah diterbitkan sampai 15 Juli 2011 melalui email ke adjeng@fortunepr.com atau faksimili ke (021)7805498, dan menyusulkan aslinya dengan diantar sendiri atau lewat kurir atau pos ke: Kepada Panitia Lomba Penulisan Gaya Hidup Hijau | Fortune PR | Gedung Galaktika lt.2 | JL. Harsono RM No.2 | Ragunan, Jakarta Selatan 12550.
  • Artikel yang tidak dikirimkan/didaftarkan ke Fortune PR Jakarta oleh blogger / penulisnya, dianggap tidak berminat mendapatkan penghargaan, sehingga tidak akan dinilai oleh oleh Tim Penilai.
  • Melampirkan fotokopi tanda pengenal yang sah.
  • Pengumuman pemenang akan dilakukan pada bulan akhir bulan Agustus 2011

HADIAH PEMENANG

Hadiah bagi pemenang adalah:

  • Hadiah I : Rp 5.000.000,- dan produk Tupperware senilai Rp 3.000.000,-
  • Hadiah II : Rp 3.500.000,- dan produk Tupperware senilai Rp 3.000.000,-
  • Hadiah III : Rp 2.500.000,- dan produk Tupperware senilai Rp 3.000.000,-

Leave a Reply

%d bloggers like this: