26Feb, 2015

LinkedIn Menembus 4 Juta Anggota di Indonesia

rp_logo-linkedin.png

rp_logo-linkedin.pngINDONESIA 26 Februari 2015LinkedIn, jaringan profesional online terbesar di dunia dengan lebih dari 347 juta anggota di seluruh dunia, hari ini mengumumkan bahwa anggotanya di Indonesia bertambah 40% menjadi 4 juta anggota. Dengan penambahan anggota ini, Indonesia menyumbang sekitar sepertiga dari seluruh anggota LinkedIn di Asia Tenggara yang mencapai 12 juta. Negara lain di Asia Tenggara yang memiliki anggota lebih dari 1 juta antara lain Malaysia dan Filipina dengan anggota lebih dari 2 juta, sedangkan Singapura memiliki lebih dari 1 juta anggota. Jumlah anggota LinkedIn di Asia Pasifik sendiri (termasuk Asia Tenggara) kini mencapai 64 juta.

 

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan terus meningkat melihat pertumbuhan ekonomi yang impresif satu dekade belakangan ini, dimana pendapatan per kapitanya meningkat tiga kali lipat. Pertumbuhan ini akan menambah ketertarikan pada Indonesia, dimana para profesional non Indonesia semakin banyak mencari tahu tentang perusahaan-perusahaan Indonesia. Sebagai kunci perekonomian di Asia Tenggara, profesional Indonesia mempunyai posisi yang bagus untuk bisa mengembangkan jaringannya di dalam maupun luar Indonesia. Hal ini dapat menghasilkan pertukaran pengetahuan dan kesempatan pengembangan ekonomi yang bagus, di mana LinkedIn yang menghubungkan profesional di seluruh dunia, bisa membantu para anggotanya mewujudkan hal ini,” kata Cliff Rosenberg, Managing Director LinkedIn untuk Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru.

 

Berikut adalah profil keseluruhan anggota LinkedIn di Indonesia yang mencerminkan pertumbuhan negaranya berdasarkan data LinkedIn :

 

  • Muda, mapan, senantiasa mobile, dan berkelas: 70% anggota LinkedIn di Indonesia berusia antara 25-44 tahun. Selain muda, mereka memegang posisi senior dalam perusahaannya – 71% menyandang jabatan manager atau lebih senior lagi, sementara 22% bertanggung jawab untuk membuat keputusan dalam organisasi mereka.

 

  • Senantiasa mobile : 86% anggota LinkedIn di Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile mereka setiap hari. Sebagian besar dari mereka senang mencari pengalaman baru dengan bepergian baik untuk berlibur (71% berlibur ke luar negeri dalam 1 tahun terakhir) ataupun kepentingan bisnis (61% bepergian ke luar kota dalam satu tahun terakhir)

 

  • Ambisius dalam mencari peluang pengembangan karir : 90% anggota LinkedIn di Indonesia ingin mencapai puncak karirnya dan 71% memandang LinkedIn sebagai alat penting yang bisa membantu percepatan karir mereka.

 

“Sebagai platform global, kami percaya LinkedIn dapat memberikan manfaat dengan membantu profesional dan perusahaan di Indonesia menjadi lebih sukses. Kami sangat senang bisa membantu menghubungkan anggota-anggota kami dengan para profesional lain dan berbagai peluang yang ada, termasuk membantu mereka meningkatkan pengetahuan,” tambah Mr. Rosenberg.

 

Beberapa data menarik lain tentang 4 juta anggota di Indonesia:

 

5 besar perusahaan paling banyak diikuti oleh profesional di Indonesia:

 

Chevron

Unilever

BP

Shell

Pertamina

 

Karena Indonesia merupakan salah satu penghasil sumber energi migas, 4 dari 5 perusahaan yang paling banyak diikuti oleh profesional anggota LinkedIn di Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor migas. Chevron menduduki peringkat pertama, sedangkan BP dan Shell turut duduk di peringkat 5 besar. Pertamina, perusahaan migas milik pemerintah juga masuk dalam daftar ini.

 

5 nesar perusahaan Indonesia yang diikuti oleh anggota global:

 

Pertamina

Pertamina EP

Medco E&P Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

 

Sektor migas lagi-lagi mendominasi daftar perusahaan yang paling banyak diikuti oleh anggota LinkedIn di tingkat global. Pertamina berada pada peringkat pertama, diikuti oleh anak perusahaannya Pertamina EP. Sektor lain yang menonjol adalah sektor perbankan, dimana 2 bank milik pemerintah yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk turut menduduki  daftar 5 besar.

 

5 universitas paling representatif di LinkedIn:

 

Universitas Indonesia

Universitas Gadjah Mada

Institut Teknologi Bandung

Universitas Padjadjaran

Universitas Bina Nusantara

 

Anggota LinkedIn di Indonesia, baik yang sudah bekerja ataupun masih mahasiswa, banyak yang sudah lulus atau sedang menempuh pendidikan di universitas-universitas papan atas seperti yang terlihat di atas. Hal ini sesuai dengan keseluruhan profil anggota LinkedIn di Indonesia, muda, mapan, dan senantiasa mobile.

 

Berikut adalah beberapa tip sederhana dari LinkedIn untuk para anggota agar bisa mendapat manfaat lebih banyak dari LinkedIn :

 

  • Pasang foto di profil Anda : Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan profil Anda dilihat oleh orang lain sebanyak 14 kali. Foto yang Anda pasang sebaiknya foto yang bisa mencerminkan profesionalitas.

 

  • Ikuti berbagai grup : Grup LinkedIn merupakan forum yang membahas hal spesifik, memberikan ruang untuk bertanya, berjejaring, dan berdiskusi topik-topik yang relevan. Mencari grup sangatlah mudah dengan memanfaatkan fitur pencari di atas halaman profil kemudiak klik “bergabung” ketika Anda menemukan grup yang menarik.
  • Berbagi insight: Ketika Anda menemukan artikel yang menarik atau insight dalam konferensi yang Anda hadiri, bagikan kepada jaringan Anda melalui status update di LinkedIn. Hal ini juga merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dan bercakap dengan jaringan profesional Anda. Cara lain untuk berbagi keahlian Anda adalah dengan menulis blog atau tulisan panjang di LinkedIn.

 

  • Pamerkan kemampuan Anda: Angkat profil Anda dengan menambahkan keterampilan untuk meningkatkan peluang profil Anda ditemukan oleh orang lain. Ketika menambahan keterampilan di LinkedIn profile, tuliskan pekerjaan-pekerjaan yang sukses Anda kerjakan dan keterampilan apa yang menunjang pekerjaan tersebut.

 

 

Tentang LinkedIn

LinkedIn menghubungkan profesional-profesional di seluruh dunia untuk membuat mereka lebih produktif dan sukses dan mengubah cara perusahaan-perusahaan dalam merekrut profesional, memasarkan, serta menjual produk mereka. Visi kami adalah menciptakan kesempatan ekonomi untuk para anggota di seluruh dunia melalui pengembangan Grafik Ekonomi pertama di dunia. LinkedIn mempunyai lebih dari 300 juta anggota dan kantor yang tersebar di seluruh dunia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: