14Sep, 2012

Tim Nasional Indonesia U-12 Aqua DNC Indonesia Tembus 23 Besar DNC 2012

Tim_Nasional_AQUA_DNC_IndonesiaWarsawa, 11 September 2012 – Tim Nasional Indonesia U-12 AQUA DNC telah mengakhiri petualangan mereka di Warsawa, Polandia dalam mengikuti festival sepak bola anak-anak usia U-12 terbesar di dunia, Danone Nations Cup 2012. Meski gagal lolos dari fase grup, anak-anak Indonesia tahun ini berhasil mencatatkan prestasi menembus 23 besar DNC 2012 dari 40 total tim yang mengikuti festival tersebut. Ini artinya, anak-anak Indonesia berhasil naik posisi hingga 10 tingkat dibandingkan prestasi tahun lalu. Kepastian meraih posisi 23 besar di dapat setelah wakil Indonesia berhasil mengungguli Tunisia dengan skor tipis 2-1. Hal ini tentu menjadi pencapaian tak terlupakan bagi anak-anak Indonesia atas hasil yang mereka torehkan dalam DNC 2012. Sementara itu Korea Selatan berhasil membuktikan diri sebagai juara DNC 2012 setelah di babak final berhasil mengalahkan wakil Jepang lewat adu penalti dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia U-12 AQUA DNC telah mengikuti pesta penutupan sebagai bagian akhir dari festival sepak bola DNC 2012 bersama seluruh tim peserta lainnya, yang dilangsungkan usai seremoni penyerahan hadiah DNC 2012. Hal ini merupakan fase penutup DNC 2012, sekaligus sebagai ajang merekatkan persahabatan antara seluruh peserta DNC 2012 yang berasal dari berbagai negara di dunia. Indonesia berada di peringkat 23 merupakan prestasi tersendiri karena berhasil melampaui pencapaian tim-tim kuat seperti Jerman (peringkat 25), Inggris (peringkat 26), Perancis (peringkat 29) dan Belanda (peringkat 33).

“Kami bangga anak-anak Indonesia berhasil mencapai prestasi dengan meraih posisi 23 besar DNC 2012. Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang menggembirakan karena mereka mencapainya dengan semangat juang serta antusiasme yang tinggi. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka,” ungkap Febby Intan, Brand Director Danone AQUA.

Indonesia yang tergabung di grup E DNC 2012 berhasil tampil baik pada babak awal kualifikasi grup dengan menahan imbang salah satu tim kuat, Amerika Serikat dengan skor 0-0 dan mengimbangi Rumania dengan skor 1-1. Sayang, anak-anak Indonesia harus mengakui keunggulan tim kuat, Meksiko yang berhasil mencetak dua gol tanpa balas ke gawang Timnas Indonesia U-12 AQUA DNC. Harapan Indonesia untuk lolos dari fase grup harus pupus setelah gawang mereka kembali dibobol dua gol tanpa balas oleh wakil Prancis. Walau begitu, anak-anak Indonesia berhasil menunjukkan tekad dan semangat yang tinggi dengan tampil bagus dengan mengungguli Tunisia 2-1 sehingga akhirnya menempati rangking 23 dari 40 tim peserta DNC 2012.

“Anak-anak telah tampil bagus selama festival DNC 2012. Mereka telah berjuang semaksimal mungkin dan hal ini patut mendapat apresiasi. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka, dan akan menjadi bekal mereka dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka di masa depan,” ujar Timo Scheunemann.

Anak-anak yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-12 AQUA DNC merupakan pemain-pemain yang berasal dari SSB Putra Muara Cunda. Bocah-bocah polos tersebut kini telah mendapatkan pengalaman baru melalui petualangan mereka mengikuti festival DNC 2012. Kini mereka telah kembali ke tanah air pada tanggal 11 September 2012. Mereka telah memberikan yang terbaik, sehingga perjuangan mereka di DNC 2012 tentu patut mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat di tanah air.

Sekilas mengenai AQUA Danone Nations Cup

DNC adalah festival akbar sepak bola anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia, bahkan sudah diakui sebagai Piala Dunia sepak bola untuk anak-anak oleh FIFA. Diperkirakan sekitar 2,5 juta anak atau 20.000 tim dari 40 negara di dunia akan berpartisipasi dalam DNC tahun ini. DNC didukung oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA) serta French Football Federation, dan menampilkan Zinedine Zidane, pemain sepak bola dari Perancis, sebagai duta internasional-nya.

Di Indonesia, semakin banyak peserta yang mengikuti AQUA-DNC setiap tahunnya. Pada tahun 2009 tercatat 1.769 tim dengan sekitar 25.000 pemain. Kemudian pada tahun 2010 terjadi peningkatan menjadi 2.569 tim dengan 36.000 pemain. Pada tahun 2011, peserta naik menjadi 3.597 tim dengan sekitar 50.358 pemain.

Pada tahun 2011 lalu, Kurnaim, kiper dari tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Hasanuddin, Makassar berhasil mendapat gelar Kiper Terbaik Kedua DNC 2011. Tahun sebelumnya tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Banteng Muda dari Malang, Jawa Timur (Pemenang AQUA-DNC Indonesia 2010) masuk 15 besar, dan berhasil mengejutkan semua orang dengan mencatat kemenangan atas tim-tim unggulan seperti Italia dan Mesir. Sedangkan tim SSB Pengcab Semarang, Jawa Tengah (Pemenang AQUA-DNC Indonesia 2009) bermain gemilang dan berhasil menduduki posisi enam terbaik dari 40 negara, yang artinya hampir menyamai prestasi terbaik tim DNC Indonesia tahun 2006 yang sukses masuk babak semi final. Prestasi lain di antaranya adalah pada tahun 2005, tim Indonesia meraih gelar sebagai The Best Attack Team dan memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah DNC dengan 24 gol. Pada final dunia tersebut, pesepak bola Indonesia Irvin Museng terpilih sebagai The Best Striker, dan sempat dikontrak oleh Ajax Amsterdam Junior.

Leave a Reply

%d bloggers like this: