10Jun, 2011

Vespa dan Piaggio: Perpaduan Passion dan Teknologi

Roberto_Palmieri_Roberto_Colaninno_Fauzi_BowoJakarta, 9 Juni 2011 – Piaggio Group, produsen kendaraan roda dua terbesar Eropa asal Italia hari ini dengan bangga mengumumkan berdirinya PT. Piaggio Indonesia dalam acara Official Launch and Press Conference yang diadakan di Bali Room, Kempinski Hotel.

Dalam kesempatan tersebut hadir Roberto Colaninno selaku CEO Piaggio Group, Michele Colaninno selaku Piaggio Group Board Member, jajaran eksekutif Piaggio Group, Costantino Sambuy selaku Director of Asia 2 wheeler dan Sergio Mosca selaku Managing Director PT.Piaggio Indonesia. Peresmian dilakukan dengan membuka tirai yang menutupi mock-up showroom yang merupakan representasi dari penampilan tiap dealer showroom yang ada di Indonesia.

Roberto Colaninno mengatakan “hari ini merupakan hari yang sangat penting untuk Piaggio Group yang telah melangkah lebih jauh ke pasar Indonesia. Investasi secara langsung dalam kegiatan komersial di Indonesia merupakan suatu bukti strategi pertumbuhan Piaggio dikawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu pasar kendaraan roda dua terbesar didunia dan memiliki pertumbuhan daya beli individu yang stabil yang membuka kesempatan untuk merek premium seperti Piaggio dan Vespa”.

Dengan diresmikannya PT. Piaggio Indonesia, membuktikan komitmen Piaggio kepada konsumen setianya di tanah air. “Produk Piaggio telah hadir di Indonesia selama bertahun-tahun dan sukses mencuri hati para pencinta skuter dengan mengedepankan desain unik dan kehandalan mesin motor buatan Italia. Dan dengan hadirnya PT. Piaggio Indonesia, kami ingin memberikan pilihan untuk konsumen di Indonesia kendaraan yang penuh gaya yang didukunglayanan purna jual memadai dan jaminan ketersediaan suku cadang dan aksesoris”, ujar Sergio Mosca.

Piaggio Group telah menunjukkan kinerja yang semakin meningkat di pasar kendaraan roda dua Eropa dan melebarkan cakupan pasar ke wilayah Asia antara lain dengan melakukan investasi mendirikan pabrik di Vietnam. Untuk pasar Indonesia, PT. Piaggio Indonesia sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) resmi kendaraan Piaggio dan Vespa di Indonesia.

Piaggio Group

piaggio_logoPiaggio Group merupakan produsen kendaraan roda dua terbesar di Eropa dan salah satu pemimpin pasar di kelasnya. Rangkaian produk Piaggio Group antara lain skuter, mopeds dan motor dengan kapasitas mesin yang dipasarkan antara 50 – 1,200 cc dengan merk Piaggio,Vespa, Gilera, Aprilia, Moto Guzzi, Derbi dan Scarabeo. Piaggio Group juga beroperasi disegmen kendaraan ringan roda tiga dan empat dengan merk Ape, Porter dan juga Quargo, yang merupakan rangkaian kendaraan komersial.

Sepanjang tahun 2010, Piaggio Group telah menunjukkan kinerja dengan berhasil menjual sebanyak 628.400 unit kendaraan di seluruh dunia (dibandingkan tahun 2009 kendaraan yang terjual sebanyak 607,000 unit), termasuk 395.000 unit terjual di segmen kendaraan roda dua (skuter dan motor) dan 233.400 di segmen kendaraan komersial roda tiga/empat dan dengan total turnover sebesar 1.485,4 juta Euro (turnover tahun 2009 adalah sebesar 1.486,9 juta Euro). Hasil ini memperkuat posisi Piaggio Group sebagai manufaktur Eropa pertama dan satu-satunya yang berasal dari Eropa diantara pemain utama dunia di industri kendaraan roda dua, hasil ini didukung oleh kinerja pasar utama Asia berdasarkan strategi global yang dijalankan oleh pemegang saham.

Pada tahun 2010 di pasar regional Eropa, Piaggio Group mempertahankan posisi teratasnya dengan mencapai 20% pangsa pasar.

Di pasar Asia sendiri, kinerja Piaggio Group di bisnis kendaraan roda dua telah menunjukkan kesuksesan di tahun 2010, tercatat sebanyak 59.500 unit kendaraan terjual – terjadi kenaikan sebesar 60,5% dibandingkan di tahun 2009 – semua ini berkat kesuksesan Piaggio Vietnam, yang telah mulai berproduksi di Juni 2009.

Di Asia Pasifik, penjualan kendaraan roda dua oleh Piaggio Group tumbuh sebesar 58,5% ditahun 2010 melebihi tahun sebelumnya, dengan total 133,2 juta Euro.

Kuartal pertama di tahun 2011 telah membuktikan kedinamisan perusahaan dan peningkatan hasil dibandingkan dengan tiga bulan pertama di tahun 2010. Di kuartal pertama ini, PiaggioGroup telah menjual sebanyak total 149.000 kendaraan keseluruh dunia untuk menambah volume sebesar 3,7% (sebelumnya sebanyak 143.000 unit di kuartal pertama tahun 2010).

Piaggio Group membukukan jumlah penjualan bersih sebesar 351,7 juta Euro, naik sebesar 3,3% dari 340,6 juta Euro di kuartal pertama 2010.

Peluncuran PT. Piaggio Indonesia akan menentukan langkah baru pertumbuhan Piaggio Group di Asia yang mampu membantu memperbesar ekspansi industri dan penjualan di sepanjang wilayah dan menargetkan perkiraan pendapatan sebesar 1 Miliar Euro di pasar Asia dalam kurun waktu 4 tahun.

Piaggio Asia dipimpin oleh pasar Vietnam

Sejak penyelesaian pembangunan pabrik pertama di Vietnam pada Juni 2009 dengan nilai investasi sekitar 30 juta Dolar, Piaggio telah berkembang aktifitasnya secara dramatis dan saat ini merupakan investor asal Italia pertama di negara tersebut.

Dengan total investasi sebesar 40 juta Dolar dalam bidang produksi dan R and D (Research and Development) yang diumumkan pada 6 April lalu oleh Piaggio Group Chairman and CEO, Robert Colaninno, perusahaan telah memperkuat posisinya sebagai aktor ekonomi terbesar Italia di wilayahnya, memanfaatkan basis strategi yang sangat baik yaitu Vietnam.

Dengan pabrik seluas 20.000 m2, mampu mengimplementasikan teknologi yang dimiliki Piaggio dan prosesnya, perusahaan akan mampu menaikkan produksi dari 100,000 unit per tahun hingga 300,000 unit per tahun dalam pertengahan tahun 2012. Langkah penting ini dibuat untuk merespon permintaan pasar Asia Tenggara yang terus berkembang akan merk premium dengan keunikan gaya, berpadu dengan keunggulan teknologi terkini.

Piaggio Indonesia

piaggio_indonesiaProduk Piaggio di Indonesia bukanlah produk baru. Piaggio telah hadir di Indonesia melalui merk Vespa sejak awal tahun 60-an yang diboyong oleh local licensee.

Salah satu model yang sangat terkenal saat itu adalah Vespa PX telah dipasarkan hingga awal tahun 2000 sebelum akhirnya Piaggio memutuskan untuk secara bertahap menghapus model ini karena belum dapat memenuhi standar emisi yang berlaku. Diperkirakan sebanyak 200,000 unit populasi Vespa PX masih beredar di jalanan saat ini, beberapa dari unit tersebut bahkan berada dalam kondisi yang sangat bagus dan dijadikan sebagai barang koleksi.

Di ranah sosial media sendiri, komunitas Vespa di Indonesia adalah komunitas kedua terbesar didunia dan terhitung lebih dari 40,000 orang sebagai anggota.

Selama beberapa tahun terakhir, Produk Piaggio hadir melalui importir umum yang telah beroperasi di segmen niche market yang menawarkan kendaraan dari berbagai merk dan diimpor dari berbagai lokasi.

Namun sejak pabrik produksi Piaggio berdiri di Vietnam pada pertengahan 2009, pabrik tersebut telah mampu memenuhi permintaan pasar lokal Asia. Dan saat ini, melalui fasilitas AFTA (Asean Free Trade Area), Piaggio Group bermaksud meningkatkan penjualan di seluruh wilayah Asia. Berkat keuntungan ini, harga yang ditawarkan akan lebih kompetitif untuk pasar Indonesia.

Sebagai perwakilan dari Piaggio Group untuk pasar Indonesia, PT. Piaggio Indonesia selaku ATPM memiliki peran sebagai importir dan distributor utama untuk semua produk dibawah brand portfolio Piaggio Group, mengembangkan brand Piaggio dan Vespa melalui berbagai aktivitas marketing dan PR, memperluas jaringan dealer melalui kerjasama dengan rekanan bisnis lokal, dan bertanggung jawab untuk layanan purna jual terutama dukungan teknis dan juga ketersediaan spare part. PT. Piaggio Indonesia akan membawa dua merek yaitu Piaggio dan Vespa.

Merek Piaggio membawa gairah dalam penciptaan produk-produk progresif yang dilengkapi dengan teknologi terkini dan sentuhan khas gaya Italia untuk para trendsetter muda yang mencari keunikan, sementara merek Vespa telah menjadi suatu ikon fashion yang identik dengan gaya klasik Italia serta tidak tergerus waktu. Dengan desain yang elegan, Vespa menawarkan gaya kepada individu sukses untuk merasakan keunikan dan gaya hidup ala Italia terkini. Nilai-nilai tersebut telah diterima dengan baik oleh masyarakat serta mendukung Piaggio untuk mampu mewujudkan tujuan di Indonesia yaitu menawarkan pilihan kepada konsumen kendaraan roda dua untuk mengekspresikan gaya mereka dan menjadi “berbeda”.

Sampai dengan akhir tahun 2011, PT. Piaggio Indonesia menargetkan memiliki sekitar 35 dealer yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia seperti Jabodetabek, Jawa, Bali danSumatera. Dan di tahun-tahun mendatang menargetkan pertumbuhan dealer sebanyak 55 dealer baru per tahun sehingga diakhir tahun 2013 telah memiliki total jaringan sebanyak 150 dealer.

Bagi premium brand, pelayanan merupakan salah satu kunci sukses. Untuk itu keseluruhan dealer Piaggio akan dilengkapi dengan bengkel dan mampu menjamin ketersediaan suku cadang. Lebih jauh lagi untuk dapat mengirimkan kendaraan tepat waktu kepada konsumen, suku cadang dan aksesoris, Piaggio akan melakukan kontrol terhadap rantai suplai dari pabrik produksi hingga gudang di Indonesia.

Piaggio Group mempertimbangkan suatu struktur kuat dan ideal sebagai suatu titik awal dimana akan terus dievaluasi cara yang paling tepat untuk memperkuat kehadiran perusahaan ini di dalam negeri. Sehingga perbaikan, pelayanan dan perawatan akan lebih mudah diberikan kepada konsumen. “Inilah komitmen kami tidak hanya di sektor penjualan, namun menjamin layanan purna jual dan suku cadang sehingga konsumen merasa tenang”, tambah Sergio Mosca.

Line up produk Piaggio tersedia untuk berbagai kalangan dan usia serta dapat digunakan untuk pria maupun wanita. Semua produk ditawarkan dengan kisaran harga yang kompetitif.

Produk Harga OTR Jakarta
Zip 100 cc Rp. 12,900,000
Liberty 150 cc full injection Rp. 22,500,000
Vespa LX 125 cc Rp. 22,900,000
Vespa 150 cc fuel injection Rp. 24,900,000

Leave a Reply

%d bloggers like this: