22Mar, 2011

ZTE Mengumumkan Laporan Tahunan Tahun 2010

zte_logo21 Maret 2011, Hong Kong – ZTE Corporation (“ZTE”) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan, hari ini mengumumkan laporan tahunan untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2010.  

Berdasarkan HKFRS dan PRC ASBEs, tercatat pendapatan ZTE di tahun 2010 sebesar RMB 70.264 miliar (USD 10.609 miliar), hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 21% (dalam rate USD) dibandingkan dengan tahun 2009. Keuntungan bersih telah mencapai RMB 3.250 miliar (USD 490.74 miliar), mewakili peningkatan sebesar 32.22% dibandingkan dengan tahun 2009, dengan pendapatan pokok per lembar saham sebesar RMB 1.17 (USD 0.177).

Para pemimpin perusahaan telah merekomendasikan pembayaran dividen akhir untuk akhir tahun 2010: bonus yang dikeluarkan 2 lembar saham untuk setiap 10 lembar saham yang dimiliki dan dividen tunai sebesar RMB 3 (USD 0.45) (sebelum pajak) untuk setiap lembar saham.

Selama tahun ini, pendapatan Grup dari operasional dalam negeri sebesar RMB 32.198 miliar (USD 4.861 miliar), mewakili pertumbuhan dari tahun ke tahun, sebesar 5.90%.

Peningkatan ini dapat dikaitkan dengan perluasan pasar 3G dan posisi terdepan ZTE dalam pangsa pasar CDMA dan WCDMA. ZTE juga mendapatkan pertumbuhan sebesar 50% di pasar jaringan perusahaan dan pemerintahan yang lebih meningkatkan pangsa pasar Grup dalam negeri. Selama periode pelaporan, Grup juga mulai memasok perangkat data berteknologi tinggi seperti T8000 dan M6000 ke 3 negara besar dalam jumlah yang besar, sementara perangkat smart terminal dari perusahaan juga memperoleh pengakuan pasar yang signifikan.

Pendapatan Grup dari operasional internasional tumbuh 27.45% hingga RMB 38.066 miliar (USD 5.747 miliar) dan menyumbang 54.18% dari total pendapatan operasi. Untuk pertama kalinya, pasar Amerika Serikat dan Eropa berkontribusi menyumbang porsi terbesar dari pendapatan luar negeri. Pasar mencatat pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 50% yang merupakan 21% dari total pendapatan operasional.

Produk-produk sistem milik Grup telah diluncurkan di pasar kelas atas Eropa,seperti Jerman, Belgia, Hungaria, Austria. Kesepakatan bisnis juga ditengahi dengan operator-operator utama lain seperti, France Telecom, MTN Afrika Selatan, America Movil, KPN dan Hutchison. Selain itu, produk terminal ZTE mendapat akses penuh ke empat operator terkemuka di Amerika Serikat serta pasar Jepang, mencapai pengiriman tahunan sebesar 90 juta unit untuk menentukan peringkat di antara lima vendor teratas di seluruh dunia. Selain itu, perangkat pintar ZTE, ZTE Blade dan Light telah mendapatkan pasar karena kinerja dan kualitas di pasar Eropa.

Di tahun 2010, ZTE mengukir prestasi besar dalam inovasi, kemampuan pengiriman dan perluasan pasar. Pada awal 2011 ZTE menduduki peringkat kedua pada World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan memiliki 1,863 hak paten untuk aplikasi internasional. Selain itu, ZTE memiliki 7% hak paten dalam industri, membuatnya menjadi salah satu dari lima vendor teratas di dunia telekomunikasi.

Di tahun 2011, perusahaan akan terus meningkatkan eksistensi dan pangsa pasar baik di pasar dalam negeri maupun pasar internasional dengan memperdalam hubungan dengan operator-operator utama, dan dengan melakukan pergerakan dari keterlibatan strategis ke kerjasama strategis. ZTE juga akan memperkuat kemampuan pengembangan untuk bergerak ke teknologi yang muncul beberapa waktu ini, seperti Cloud Computing dan Integrated Circuit.

Terpusat pada komunikasi nirkabel akan mengembangkan pasar LTE, sementara komunikasi dengan kabel akan terlihat memperkuat pengusung jaringan dan memperluas pasar broadband market. Perangkat mobile, khususnya Smart Phone kelas atas, akan meningkatkan pengiriman handset dalam kaitannya untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Pemimpin ZTE, Hou Weigui, berkata: “Pada tahun mendatang, Grup akan dengan secara proaktif menanggapi kebutuhan dinamis para pelanggan dan memperkuat kerjasama strategis dalam menanggapi perubahan yang mendalam di pasar telekomunikasi global. Bidang lain juga akan terpusat dengan melakukan rekrutmen dan pengembangan staf berkemampuan tinggi, diferensiasi produk serta efektifitas biaya dan kualitas dari solusi yang dimiliki ZTE. Kami juga bertujuan untuk mencapai kinerja yang sangat baik kepada masyarakat dan para pemegang saham.”

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan terdepan di dunia. ZTE memiliki rangkaian produk yang paling luas dan komplit di dunia – mencakup seluruh sektor secara virtual dari wireline, wireless, layanan dan pasar terminal. Perusahaan ini mengantarkan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif dan dibuat khusus pesanan untuk lebih dari 500 operator di lebih dari 140 negara, membantu mereka untuk mencapai pertumbuhan pendapatan dan membentuk masa depan dari komunikasi dunia. ZTE berkomitmen untuk mengalokasikan 10% dari pendapatan tahunannya untuk penelitian dan pengembangan, dan mengambil peran terdepan dalam beragam organisasi dunia untuk mengembangkan standar telekomunikasi baru. ZTE memimpin industri 3G Cina dengan penguasaan 30% pangsa pasar peralatan 3G di tahun 2008. ZTE merupakan sebuah perusahaan yang memiliki inisiatif corporate social responsibility (CSR), dan juga merupakan anggota dari UN Global Compact yang sangat ketat mengikuti Sepuluh Prinsip dari Global Compact dalam mengembangkan dan menjalankan CSR. ZTE adalah satu-satunya perusahaan manufaktur telekomunikasi, dengan saham yang terdaftar baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk informasi lanjut, silahkan kunjungi: www.zte.com.cn

Leave a Reply

%d bloggers like this: