PR MAGNET. Siapakah mereka? Mereka adalah orang-orang yang sepertinya selalu berhasil dalam mendapatkan liputan media utama terlebih untuk klien mereka. Sementara beberapa pekerja PR lainnya suka menyebut PR Magnet hanyalah faktor “keberuntungan” belaka.
Sebenarnya ketika seorang PR terus menerus menjadi PR Magnet, itu bukanlah suatu kebetulan.Lalu bagaimana cara mereka bisa mendapatkan status PR Magnet? Cobalah menerapkan 7 kebiasaan efektif para PR Expert yang membuat nya menjadi PR Magnet.
1. PR Magnet menggunakan strategi dalam menyebarkan suatu berita
PR Magnet seringkali mengeluarkan suatu berita dengan beberapa tahap. Mereka tidak langsung memberikan kepada media suatu berita secara gamblang atau langsung. Taktik ini membuat media ingin mengetahui kelanjutan dari berita yang ada. Yang perlu diingat adalah, ketika menyebarkan berita tetaplah menyebarkan berita yang bernilai. Jangan menyebarkan berita asal. Berita ini harus bernilai di mata seorang jurnalis dan editor. Taktik ini biasa digunakan oleh PR consultant. Taktik ini juga bisa menekan budget untuk membuat media tertarik dengan kita.
2. Mereka memang membuat suatu cerita tetapi dengan sudut pandang yang kreatif
Jurnalis dan editor tentunya mendapatkan beribu ribu press release setiap harinya. Kebanyakan dari press release yang mereka terima bukan menuju ke meja kerja mereka tetapi ke tempat sampah terdekat mereka. Mengapa bisa begitu? Karena rata rata press release yang mereka terima semua nya sama. Mereka menggunakan cara bercerita yang sama tiap harinya dan bahkan cerita yang sama pula dengan cerita kemarin. Seorang PR Magnet tahu bagaimana menceritakan sesuatu dengan sudut pandang yang kreatif sehingga membuat nya berbeda dari yang lainnya. Yang lebih terpenting lagi, PR magnet tentunya sangat mengetahui bagaimana membuat shocking headlines yang bisa membuat mata para jurnalis langsung tertuju pada press release seorang PR Magnet.
3. PR Magnet adalah orang yang sangat terorganisir
PR Magnet harus memiliki sifat yang well organized, sehingga PR Magnet bisa mengerjakan semua project nya dengan baik tanpa harus diburu dengan pekerjaan yang lainnya. Jika anda merasa kurang memiliki kemampuan dalam mengorganisir, ada baiknya menghire seseorang untuk membantu anda dalam mengorganisir kegiatan anda.
4. PR Magnet adalah orang yang multitasking
Kampanye PR (kegiatan PR) bersifat multidimensional, dan banyak hal yang harus dikerjakan untuk membentuk publisitas sebuah perusahaan. PR Magnet adalah multitasker yang sangat baik, karena kemampuan mereka untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, menulis dan menyebarkan press release, menjawab email, dan menghandle pekerjaan PR lainnya dalam satu waktu.
5. PR Magnet mengetahui apa yang sedang menjadi trend di media
PR Magnet sangat mengerti siapakah pemain utama dalam suatu media, karakteristik cerita seperti apa yang biasanya target audience sukai, dan topic apa yang sedang dibicarakan semua orang. Mudah sekali untuk mengetahui ini semua. Selalu sediakanwaktu untuk membaca koran, majalah, dan blog, tetap aktif di sosial media, dan jangan lupa menonton TV (seperti berita, talkshow, dsb) sehingga bisa mengetahui topik apa yang sedang hangat di media dan topik yang sudah last time di media.
6. PR Magnet adalah orang yang tidak mudah putus asa, tetapi mereka sangat mengerti kapan mereka harus memberikan “TIDAK” sebagai jawaban mereka.
Menjadi seorang public relations seperti mencoba mencari pasangan hidup setiap hari nya. Bayangkan saja kita sebagai seorang laki-laki. Kita akan mencoba mendekati banyak wanita dan belum tentu semua wanita mau dengan kita, bisa saja banyak yang mereject kita. Sama hal nya seperti media dengan kita. Seorang PR mendekati banyak media agar cerita nya diterima, tetapi cerita kita belum tentu diterima, bisa saja semua cerita kita di reject. Situasi seperti inilah yang membuat PR Magnet harus tidak mudah putus asa, tetapi juga harus mengerti kapan harus menjawab “TIDAK” kepada media karena terkadang jawaban “TIDAK” bisa merusak hubungan suatu media dengan seorang public relations
7. PR Magnet harus bisa membuat suatu tujuan dan mengevaluasi hasilnya
PR campaign yang efektif membutuhkan tujuan yang jelas, strategi yang tepat, dan ketika sudah selesai, harus diukur bagaimana hasilnya. PR Magnet menggunakan cara ini dalam PR campaign nya sehingga bisa belajar dari kesalahan yang ada.
sumber :www.ereleases.com
Leave a Reply