29Aug, 2012

Memasarkan Produk Anda Melalui Facebook

rp_facebook-marketing.jpg

facebook-marketingDulu pengguna Facebook “hanya anak-anak”, tapi sekarang sudah berubah. Banyak perusahaan yang menggunakan Facebook untuk memasarkan produknya dan berhasil.

Menurut pengakuan mereka, Facebook dapat digunakan untuk mendapatkan klien baru, berhubungan dengan klien yang sudah ada, dan mempromosikan produk baru.

Facebook menawarkan beberapa fitur yang harus Anda pelajari jika Anda ingin sukses memasarkan produk Anda melalui Facebook:

Facebook Pages

Dengan Facebook Pages, and dapat menciptakan profil bagi bisnis Anda. Dan GRATIS. “Pages” ini memberikan identitas bisnis Anda di Facebook yang memperkuat brand Anda. Para klien dan pelanggan Anda menjadi “fans page” Anda dan menerima semua updates yang Anda tulis di page tersebut.

Hebatnya, setiap kali seseorang menjadi “fan page” produk Anda, teman-temannya akan melihat dan ini membuat beberapa dari mereka ikut tertarik untuk menjadi “fans”.

Ketika Anda membuat Facebook Page, Anda akan diberikan 3 pilihan:

  • Bisnis lokal
  • Brand/produk
  • Artis, Band, atau figur publik

Yang manakah Anda? Tergantung apa yang ingin Anda promosikan. Setiap kategori mengharuskan Anda untuk mengisi beberapa data dan keterangan. Perlu diingat, setelah Anda masukkan, Anda tidak lagi dapat meng-edit-nya. Jadi pikirkan dulu baik-baik, kategori apa yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Facebook Groups

Hampir sama dengan Facebook Page, bedanya Facebook Groups lebih berbentuk seperti sebuah komunitas. Para “anggota” tidak disebut sebagai “fans” tapi “members”. Kekurangannya adalah informasi hanya dapat dibaca oleh para anggota dan bukan para anggota dan teman-temannya seperti Facebook Pages.

Jadi yang manakah yang paling tepat untuk Anda?

Jawabannya tergantung gol yang ingin Anda raih. Bagaimana pun, Facebook Page akan menarik lebih banyak orang karena dapat dilihat oleh orang yang tidak mempunyai Facebook sekali pun, tapi Facebook Group hanya dapat dilihat oleh orang yang mempunyai akun di Facebook. Tapi jika Anda ingin berkomunikasi lebih pribadi dengan para klien Anda, Facebook Group adalah pilihan yang lebih tepat.

Sumber gambar: http://bit.ly/NXV77J

Leave a Reply

%d bloggers like this: