Tujuan dari kampanye ini adalah untuk:
- Mendorong diluncurkannya kebijakan standar bahan bakar yang mengatur penggunaan kendaraan ramah lingkungan untuk industri pengantar barang
- Memperkuat reputasi FedEx sebagai pemimpin dalam isu lingkungan di antara perusahaan Fortune 100
- Memperkuat kedekatan hubungan FedEx dengan seluruh stakeholders nya di tingkat lokal dan nasional
Khalayak sasar dari program ini mencakup pembuat kebijakan di tingkat nasional – yang diharapkan akan dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung adopsi kendaraan ramah lingkungan secara luas, komunitas aktivis lingkungan – yang selalu bersemangat mendorong kebijakan-kebijakan ramah lingkungan, komunitas lokal – yang benar-benar faham isu-isu lingkungan secara lokal, dan karyawan FedEx sendiri – sebagai brand ambassador untuk mempromosikan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan corporate responsibility nya.
Tour ini berjalan selama 36 hari, berhenti pada 25 lokasi di sepanjang Route 66 dari Chicago ke Los Angeles, mendemonstrasikan FedEx EV, membahas potensi penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Kegiatan yang dilakukan sepanjang tour termasuk:
- Acara di Chicago, St Louis, Joplin, Oklahoma City, Amarillo, Albuquerque dan Los Angeles untuk konsumen, karyawan dan media – wartawan lingkungan, transportasi, bisnis dan bloggers untuk menyaksikan demo kendaraan
- Pertemuan antara CEO FedEx dengan tim redaksi Los Angeles Times
- Meluncurkan website khusus untuk menayangkan kegiatan kampanye ini melalui foto, blog post, peta, dan menyebarkannya melalui twitter, facebook dan foursquare
- Mensponsori FORTUNE Brainstorm Green Conference untuk berdiskusi dengan para pembangun opini, media dan pembuat kebijakan
Berkat program ini FedEx diundang untuk mendemonstrasikan FedEx EV di berbagai kegiatan lain, seperti:
- Moving Ahead 2010 Conference di The Ohio State University
- Tour selama seminggu di Washington DC, bertemu dengan anggota Department of Energy dan display di Georgetown University
Lebih dari 9,000 karyawan, konsumen dan pelanggan menghadiri berbagai acara yang diadakan sepanjang tour ini. Tujuan utamanya pun berhasil dicapai dengan ditandatanganinya kebijakan standard bahan bakar bagi kendaraan pengantar barang, yang turut dihadiri oleh CEO dari supplier FedEx, Navistar. FedEx pun berhasil menyampaikan upaya-upayanya sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam isu lingkungan kepada khalayak Amerika, dan mempertahankan posisinya dalam Dow Jones Sustainability Index. Dengan termuatnya berbagai berita mengenai kampanye ini reputasi FedEx pun diakui oleh para pembangun opini dan pembuat kebijakan.Beberapa Key Success Factors yang penting kita cermati pada kampanye ini adalah:
- FedEx EV adalah pilihan yang tepat: menarik, dan benar-benar ramah lingkngan
- Pesan utama bahwa kebijakan yang mendukung adopsi nasional kendaraan ramah lingkungan benar-benar tersampaikan secara jelas pada setiap kegiatan, dan tidak “tersamar” oleh kegiatan itu sendiri
- Kehadiran langsung para pembuat kebijakan dan pembangun opini dalam kegiatan ini benar-benar menghidupkan teknologi





Leave a Reply