24Feb, 2011

Komitmen FedEx Terhadap Lingkungan

32863668
FedEx telah lama mencari teknologi kendaraan ramah lingkungan. Di awal tahun 2010 FedEx telah memiliki 1,800 kendaraan operasional yang menggunakan energi alternatif, termasuk armada kendaraan hybrid-electric terbesar dalam industri. Fedex merasa bahwa kebijakan standar bahan bakar dan insentif dibutuhkan agar kendaraan hybrid-electric atau all-electric dapat menjadi kendaraan standar di industrinya. Maka FedEx dan beberapa vendor meluncurkan program “Route 66 Tour”, membawa kendaraan elektrik FedEx (FedEx EV) tour di sepanjang Route 66 untuk membangun perhatian masyarakat Amerika dan dunia bahwa kendaraan elektrik kini telah dan penting digunakan untuk kendaraan pengantar barang.

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk:

  • Mendorong diluncurkannya kebijakan standar bahan bakar yang mengatur penggunaan kendaraan ramah lingkungan untuk industri pengantar barang
  • Memperkuat reputasi FedEx sebagai pemimpin dalam isu lingkungan di antara perusahaan Fortune 100
  • Memperkuat kedekatan hubungan FedEx dengan seluruh stakeholders nya di tingkat lokal dan nasional
Diharapkan kampanye ini akan memberikan kesempatan bagi para khalayak sasar untuk menyaksikan sendiri, mempelajari dari dekat, dan mencoba kendaraan ramah lingkungan, untuk meyakinkan mereka bahwa kendaraan ramah lingkungan sudah tersedia dan perlu diadopsi untuk industri, dengan FedEx sebagai pemimpin penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Khalayak sasar dari program ini mencakup pembuat kebijakan di tingkat nasional – yang diharapkan akan dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung adopsi kendaraan ramah lingkungan secara luas, komunitas aktivis lingkungan – yang selalu bersemangat mendorong kebijakan-kebijakan ramah lingkungan, komunitas lokal – yang benar-benar faham isu-isu lingkungan secara lokal, dan karyawan FedEx sendiri – sebagai brand ambassador untuk mempromosikan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan corporate responsibility nya.

66mapTour ini berjalan selama 36 hari, berhenti pada 25 lokasi di sepanjang Route 66 dari Chicago ke Los Angeles, mendemonstrasikan FedEx EV, membahas potensi penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Kegiatan yang dilakukan sepanjang tour termasuk:

  • Acara di Chicago, St Louis, Joplin, Oklahoma City, Amarillo, Albuquerque dan Los Angeles untuk konsumen, karyawan dan media – wartawan lingkungan, transportasi, bisnis dan bloggers untuk menyaksikan demo kendaraan
  • Pertemuan antara CEO FedEx dengan tim redaksi Los Angeles Times
  • Meluncurkan website khusus untuk menayangkan kegiatan kampanye ini melalui foto, blog post, peta, dan menyebarkannya melalui twitter, facebook dan foursquare
  • Mensponsori FORTUNE Brainstorm Green Conference untuk berdiskusi dengan para pembangun opini, media dan pembuat kebijakan
Dalam setiap kegiatan pesan-pesan seperti yang disampaikan langsung oleh Fred Smith CEO FedEx terus disampaikan, “Kendaraan bertenaga listrik ini sangat komprehensif dan terjangkau untuk transportasi lokal, mengurangi ketergantungan Amerika akan impor minyak bumi dan tentunya mengurangi emisi gas di dunia yang menyebabkan polusi.” Fred Smith pun kerap menyampaikan bahwa komitmen FedEx terhadap reduksi emisi sebagai bagian dari tanggung jawab brand. “Kami ingin memperkuat brand FedEx di antara karyawan, konsumen dan masyarakat luas,” jelas Fred Smith. FedEx berupaya menempatkan program ini sebagai berita yang paling berpengaruh dengan mempublikasikannya di The Wall Street Journal (“FedEx Pushes to Deliver Benefits of Electric Trucks”), Associated Press, dan USA Today, dan akhirnya berhasil menciptakan 170 juta impression.

Berkat program ini FedEx diundang untuk mendemonstrasikan FedEx EV di berbagai kegiatan lain, seperti:

  • Moving Ahead 2010 Conference di The Ohio State University
  • Tour selama seminggu di Washington DC, bertemu dengan anggota Department of Energy dan display di Georgetown University
fedex-truckLebih dari 9,000 karyawan, konsumen dan pelanggan menghadiri berbagai acara yang diadakan sepanjang tour ini. Tujuan utamanya pun berhasil dicapai dengan ditandatanganinya kebijakan standard bahan bakar bagi kendaraan pengantar barang, yang turut dihadiri oleh CEO dari supplier FedEx, Navistar. FedEx pun berhasil menyampaikan upaya-upayanya sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam isu lingkungan kepada khalayak Amerika, dan mempertahankan posisinya dalam Dow Jones Sustainability Index. Dengan termuatnya berbagai berita mengenai kampanye ini reputasi FedEx pun diakui oleh para pembangun opini dan pembuat kebijakan.

Beberapa Key Success Factors yang penting kita cermati pada kampanye ini adalah:

  • FedEx EV adalah pilihan yang tepat: menarik, dan benar-benar ramah lingkngan
  • Pesan utama bahwa kebijakan yang mendukung adopsi nasional kendaraan ramah lingkungan benar-benar tersampaikan secara jelas pada setiap kegiatan, dan tidak “tersamar” oleh kegiatan itu sendiri
  • Kehadiran langsung para pembuat kebijakan dan pembangun opini dalam kegiatan ini benar-benar menghidupkan teknologi
Di Indonesia, mengingat tingkat polusi telah menjadi salah satu masalah besar, sangat penting bagi kita untuk membangun kepedulian korporat seperti yang dilakukan FedEx. Celah untuk menjadi pemimpin industri dalam masalah lingkungan pun sangat terbuka lebar. Reputasi dapat terbangun secara efektif dengan strategi komunikasi yang tepat arah. Menyusul?

Leave a Reply

%d bloggers like this: