28Feb, 2013

Empat Karya Fotografi Terbaik Jadi Jawara Sinar Mas Land Photo Contest 2012

Para_Pemenang_SML_Photo_ContestJakarta, 05 Februari 2013 – Sinar Mas Land Photo Contest 2012, kontes fotografi yang diselenggarakan Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terkemuka dan terpercaya di Indonesia kini telah menyelesaikan fase penjurian. Tim dewan juri telah menetapkan empat nama pemenang Sinar Mas Land Photo Contest 2012, satu untuk kategori publik dan tiga lainnya untuk kategori Jurnalis. Para pemenang tersebut berhak untuk mendapatkan hadiah uang tunai senilai dua puluh juta rupiah. Kompetisi lomba fotografi ini digelar mulai Agustus 2012 sampai Desember 2012.

Nama keempat pemenang ini telah diumumkan secara langsung dalam acara Pengumuman Pemenang Sinar Mas Land Photo Contest 2012 yang diselenggarakan pada hari Selasa 5 Februari 2013, bertempat di Prive Club – FX Senayan. Empat puluh jurnalis dari berbagai media dan tujuh puluh peserta publik mengikuti lomba Sinar Mas Land Photo Contest 2012 dengan antusias. Sebanyak 445 foto telah masuk ke panitia lomba dan terdiri dari 240 foto berasal dari kategori publik serta 205 foto kategori jurnalis.

Karya fotografi keempat pemenang ini dipilih oleh tim dewan juri yang terdiri dari Arbain Rambey (Harian Kompas), sebagai Ketua, Oscar Motuloh (Kantor Berita Antara), sebagai anggota, dan Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, sebagai anggota.

Berikut empat nama pemenang Sinar Mas Land Photo Contest 2012:

1. Juara 1 untuk kategori publik diraih oleh Rudi Wibowo Kurniawan dengan total nilai 28, melalui foto berjudul “SINARMAS LAND merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pionir dalam menerapkan Go Green concept pada building modern,” sehingga berhak mendapatkan hadiah uang senilai 20 Juta Rupiah.

2. Juara 1 untuk kategori jurnalis media cetak diraih oleh Andry Bey dengan total nilai 18, melalui foto berjudul “Pembangunan kawasan Industri di GIIC” yang terbit di Harian Suara Karya tanggal 26 November 2012 , sehingga berhak mendapatkan hadiah uang senilai 20 Juta Rupiah

3. Juara 1 untuk kategori media online diraih oleh Audy Alwi dengan total nilai 22, melalui foto berjudul “Penjualan BSD” yang terbit pada media online Antara.com tanggal 26 September 2012, sehingga berhak mendapatkan hadiah uang senilai 20 Juta Rupiah

4. Penghargaan terbaik untuk kategori media cetak majalah diraih oleh Susilo Waluyo melalui foto berjudul “Legenda Wisata,” yang terbit pada majalah Housing Estate edisi November 2012 sehingga berhak mendapatkan hadiah uang senilai 20 Juta Rupiah.

Kriteria Pemenang Unggulan

“Kami telah melakukan penilaian secara alot dan seksama terhadap 240 karya fotografi dari kalangan publik dan 205 karya fotografi dari kalangan jurnalis yang sampai ke tangan tim dewan juri. Penilaian dilakukan menurut kriteria yang kami tetapkan, dan empat karya fotografi inilah yang kami nilai layak jadi pemenang setelah melalui diskusi panjang diantara para juri,” ungkap ketua tim dewan juri Arbain Rambey, kepada pers sesaat sebelum pengumuman nama-nama pemenang.

Menurut Arbain, kriteria pemenang SML Photo Contest 2012 dilihat dari pengggambaran citra positif Sinar Mas Land dalam hasil karya fotografi, kemudian tingkat kesulitan hasil karya fotografi, serta kualitas teknis sebuah fotografi. Juri menilai bagaimana sang fotografer mampu menggambarkan citra positif Sinar Mas Land melalui bangunan-bangunan serta objek lainnya dalam karya fotografi, kemudian menelaah bagaimana tingkat kesulitan dalam pengambilan objek gambar, serta memperhitungkan kualitas teknis dari karya fotografi itu sendiri. “Banyak sekali karya fotografi yang bagus dan cukup sulit menentukan pemenangnya,” ungkap Arbain serius.

Acara pengumuman Sinar Mas Land Photo Contest dihadiri pula oleh Ishak Chandra Managing Director of Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, Panji Himawan Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, Arbain Rambey (Fotografer senior Harian Kompas) dan Oscar Motuloh (Fotografer senior Kantor Berita Antara) sebagai bagian dari tim dewan juri, serta jajaran manajemen Sinar Mas Land lainnya.

Sinar Mas Land Photo Contest 2012 juga memberikan hadiah kepada 4 runner up dari Kategori Harian, Kategori Jurnalis Online dan Kategori Publik. Selain itu khusus untuk kategori publik, ada pemenang favorit yang mendapat jumlah vote terbanyaknya di jejaring social Facebook. Pemenang Favorit dalam SML Photo Contest adalah Denny Sukanto yang mendapat vote sebanyak 2.243.

“Kami berterima kasih atas antusiasme para peserta, baik dari kalangan publik dan jurnalis dalam mengikuti Sinar Mas Land Photo Contest 2012,” ucap Ishak Chandra Managing Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land menyampaikan perasaan bangga atas prestasi yang dicapai para pemenang. Dia melanjutkan, tujuan kompetisi ini digelar adalah untuk memberikan apresiasi atau penghargaan kepada jurnalis khususnya pewarta foto yang sudah meliput dan memberitakan tentang industri properti secara umum dan Sinar Mas Land secara khusus serta mengenalkan berbagai proyek Sinar Mas Land kepada publik. Ishak juga menjanjikan masih akan ada program-program lainnya dari Sinar Mas Land yang akan melibatkan peran serta kalangan media dan publik, “Kita tunggu saja tanggal mainnya,” jelas Ishak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: