02Jul, 2013

Fortune PR dan Bank BTN Sabet Penghargaan Internasional

Kategori Kampanye CSR dalam PRWeek Awards Asia 2013
Tim_Fortune_PR_saat_menerima_penghargaan_PRWeek_Awards__Asia_2013_di_Hong_Kong

Setelah tahun lalu sukses memboyong dua penghargaan internasional prestisius, Fortune PR kembali menorehkan pencapaian bergengsi di tahun 2013. Di ajang PRWeek Awards Asia 2013, Fortune PR dianugerahi Certificate of Excellence untuk kategori Social Education & Philanthropy: Corporate Social Responsibility (CSR) Campaign of the Year melalui kampanye Tabungan BTN Cermat bersama Bank BTN. Pada malam penghargaan di Hong Kong, Kamis, 27 Juni 2013 kemarin, kampanye berdampak luas berjudul “Savings Education to Rural Communities” itu berhasil mengungguli kampanye-kampanye CSR lain dari berbagai negara di Asia-Pasifik.

Managing Director  Fortune PR Indira Abidin menyambut penghargaan tersebut dengan antusias. “Kami sangat gembira karena Fortune PR kembali berhasil menunjukkan potensi positif Indonesia di muka dunia, berkat kemitraan bersama Bank BTN. Penghargaan ini melengkapi persembahan kami setelah raihan dua penghargaan internasional tahun lalu,” ungkap Indira.

Program komunikasi Tabungan BTN Cermat merupakan kampanye pemberdayaan perempuan di desa-desa yang digarap Fortune PR melalui Prodev, unit bisnis yang memiliki spesialisasi di bidang social marketing, community relations, dan CSR. Kampanye dibuat untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dengan tujuan untuk menumbuhkan kegemaran menabung bagi keluarga miskin khususnya di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Karena itu, setoran awal pun dirancang amat terjangkau. “Hanya dengan Rp 10 ribu rupiah, masyarakat sudah bisa membuka rekening Tabungan BTN Cermat di Kantor Pos,” jelas Irman Alvian Zahiruddin selaku Direktur Bank BTN.

Kampanye dijalankan melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan bagi pelatih-pelatih terpilih, pertemuan-pertemuan rutin dengan organisasi PKK, talkshow radio, iklan-iklan komunitas, serta kontes menulis bagi jurnalis lokal.

Strategi tersebut terbukti sukses. Pada tahun pertama pelaksanaan, lebih dari 100 ribu rekening baru Tabungan BTN Cermat dibuka, jauh melampaui target yang ‘hanya’ sebesar 60 ribu! “Visi kami adalah membangun kualitas hidup masyarakat melalu komunikasi yang berdampak. Prodev adalah salah satu jembatan penting dalam mencapai visi tersebut,” imbuh Indira.

Irman pun tak kalah gembira menyambut penghargaan tersebut. “Mengetahui bahwa kami lolos seleksi dan bersanding dengan kampanye-kampanye hebat lain di Asia-Pasifik adalah pencapaian tersendiri bagi kami. Ketika nama kami dipanggil sebagai pemenang di muka publik internasional, tak bisa diungkapkan lagi betapa bangganya kami atas penghargaan ini. Bank BTN mendunia,” kata Irman.

Selain kampanye Tabungan BTN Cermat, Fortune PR juga berhasil meloloskan kampanye Tupperware Green Living untuk kategori Enviromental Campaign of the Year dalam ajang tersebut.

Tentang Bank BTN

PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk atau yang dikenal dengan nama Bank BTN adalah salah satu Bank milik Pemerintah Indonesia. Sampai saat ini, Bank BTN telah memiliki jaringan kerja yang cukup luas yang didukung oleh 770 jaringan kantor konvensional, 50 jaringan kantor dengan layanan syariah, serta 2.922 kantor layanan yang bekerja sama dengan Kantor Pos di seluruh Indonesia dan terhubung secara on line dengan Bank BTN.  Jaringan Bank BTN juga didukung oleh tersedianya ATM yang cukup banyak dengan jumlah ATM yang dimiliki sendiri sebanyak 1.499 dan yang bekerjasama dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima sebanyak lebih dari 25.000 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tentang PRWeek Asia Awards 2013

PRWeek Awards Asia 2013 merupakan penghargaan bergengsi bagi industri komunikasi se-Asia Pasifik. Penghargaan ini terbuka bagi konsultan, praktisi independen, serta departemen PR internal dari perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik, termasuk Australia, Jepang, dan Selandia Baru. Memasuki tahun ke-12, PRWeek membuka delapan kategori, yaitu General Consumer Awards, Industry Market Awards, Targeted Audience Awards, Corporate Awards, Social Educations & Philanthropy Awards, Technique Awards, People & Consultancies Awards, serta Gold Awards. Kursi dewan juri diduduki oleh para pucuk pimpinan dari sejumlah perusahaan dan konsultan terkemuka di Asia-Pasifik.

Leave a Reply

%d bloggers like this: