02Apr, 2014

GSK Ambil Kepemilikan Penuh Bisnis Consumer Healthcare-nya di Indonesia

GSK_HouseGlaxoSmithKline (GSK) telah mengambil kepemilikan penuh bisnis Consumer Healthcare-nya di Indonesia melalui sebuah transaksi yang juga mencakup divestasi satu produk non-core dan satu pabriknya di Indonesia. 

Transaksi ini dilakukan dengan tiga perusahaan terkait. GSK Consumer Healthcare Pte. Ltd telah membayar Rp465 miliar kepada Sarasvati Venture Capital Ltd (SVC) untuk membeli 30 persen saham GSK Consumer Healthcare yang sebelumnya tidak dimiliki oleh GSK. GSK juga telah menjual produk tetes mata Insto™ kepada Pharma Healthcare Pte. Ltd dan sepakat untuk menjual pabriknya di Bogor, Indonesia, kepada PT Pharma Healthcare dengan nilai total transaksi sebesar Rp133 miliar.  

David Redfern, Chief Strategy Officer GSK mengatakan, “Transaksi ini adalah salah satu bukti bahwa GSK sedang memfokuskan bisnisnya pada pasar-pasar penting yang strategis dan tumbuh dengan cepat seperti Indonesia. Transaksi ini juga akan menyederhanakan operasi kami di Indonesia.”

Transaksi tersebut akan dilakukan dalam dua tahap. GSK telah menyelesaikan pembelian seluruh sahamnya dan melakukan divestasi terhadap produk Insto. Pabrik GSK di Bogor akan ditransfer kepada PT Pharma Healthcare pada tahun 2015.  

Bisnis Consumer Healthcare GSK di Indonesia menjual merek-merek seperti Panadol™, Sensodyne™ dan Scotts™, dan bisnis ini merupakan bisnis penting di negara berkembang bagi GSK. Bisnis Consumer Healthcare GSK telah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama lima tahun terakhir, dengan penjualan bersih yang mencapai hampir £50 juta di tahun 2013 dibandingkan tahun 2008 yang mencapai £16 juta. Dengan peningkatan cakupan wilayah dan menggunakan inovasi produk yang ditargetkan pada kelas menengah yang saat ini jumlahnya meningkat dengan pesat, prospek bisnis consumer healthcare GSK di Indonesia sangat kuat.

Produk tetes mata Insto diproduksi di pabrik GSK di Bogor dan merek ini hanya dijual di Indonesia. GSK akan terus menjual produk yang sama dengan merek Eyemo™ di sejumlah negara berkembang lainnya, dan penjualan merek ini di Indonesia tidak akan berpengaruh terhadap bisnis produk tersebut di negara-negara lain.

GSK – salah satu perusahaan farmasi dan kesehatan berbasis riset terkemuka di dunia – memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memungkinkan orang untuk berbuat lebih banyak, merasa lebih baik dan hidup lebih lama (do more, feel better and live longer). Untuk informasi lebih lanjut silakan mengunjungi www.gsk.com.

Leave a Reply

%d bloggers like this: