24Jun, 2013

Kampanye “Dari Usia 1 Bersama Scott’s”

Bentuk Dukungan Scott’s Akan “Gerakan Nasional Sadar Gizi” dari Kementerian Kesehatan RI

Asupan nutrisi yang lengkap pada usia 0 – 2 tahun merupakan landasan penting dalam periode emas tumbuh kembang anak

scott1Jakarta, 20 Juni 2013 – Scott’s menyadari pentingnya asupan nutrisi lengkap sebagai landasan yang kuat untuk tumbuh kembang anak. Sebagai wujud kepedulian tersebut, Scott’s meluncurkan kampanye “Dari Usia 1 Bersama Scott’s” yang sejalan dengan Gerakan Nasional Sadar Gizi yang dicanangkan oleh pemerintah serta SUN (Scalling-Up Nutrition) Movement oleh PBB yang menitikberatkan pada pemberian nutrisi yang lengkap pada 1000 hari pertama kehidupan anak.

SUN Movement merupakan salah satu upaya untuk menangani masalah pokok kesehatan di negara-negara sedang berkembang antara lain masalah gangguan terhadap kesehatan masyarakat yang disebabkan oleh kekurangan gizi. Untuk itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan program Gerakan Nasional Sadar Gizi yang bertujuan meningkatkan kecukupan gizi anak di Indonesia.

Menurut Bapak Nana Mulyana, SKM, M.Kes., Kepala Bidang Advokasi Dan Kemitraan, “Pemerintah sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan dunia usaha, organisasi masyarakat, dan lembaga lain dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat dan derajat masyarakat setinggi-tingginya.”

Logo_GSK_NewMelalui kampanye “Dari Usia 1 Bersama Scott’s”, Scott’s mendukung edukasi akan pentingnya kecukupan gizi anak di periode emas usia 0 – 2 tahun untuk meningkatkan status gizi anak Indonesia. Dukungan Scott’s ini telah dikukuhkan bersama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MOU) pada bulan Maret 2013 lalu oleh Kementerian Kesehatan dan GlaxoSmithKline.

Bentuk kerjasama yang tercantum dalam nota kesepahaman tersebut antara lain:
– Penayangan iklan layanan masyarakat di sejumlah TV swasta dan radio di Indonesia
– Penayangan artikel edukasi di media cetak
– Pemasangan poster dan spanduk edukasi di 3,000 puskesmas di area Jawa dan Sumatera.
– Pelatihan Kader Gizi dari 10 Puskesmas di Jabodetabek
– Pelaksanaan penyuluhan kepada Ibu-ibu dengan anak di bawah dua tahun (Baduta) di 50 titik dari 10 Puskesmas di Jabodetabek
– Pelaksanaan kegiatan Hari Baduta di 10 Puskesmas di Jabodetabek.

Menurut seorang praktisi dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI – RSCM, dr. Klara Yuliarti, “Periode sejak konsepsi sampai usia 2 tahun merupakan window of opportunity (kesempatan emas) untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan. Malnutrisi pada periode ini akan mengakibatkan dampak jangka panjang gangguan pertumbuhan dan penurunan kognitif yang ireversibel.” Upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah mencegah kelahiran Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR), pemberian ASI eksklusif 0 – 6 bulan, MP-ASI yang tepat waktu, berkualitas, dan aman serta pemberian makanan keluarga bergizi cukup & seimbang.

Asupan nutrisi yang lengkap pada 1.000 hari pertama atau dua tahun pertama kehidupan merupakan tahun terpenting untuk tumbuh kembang anak yang optimal, namun Scott’s mengamati bahwa orang tua di Indonesia masih memerlukan edukasi untuk memberikan nutrisi yang lengkap.

“Seiring gaya hidup modern yang serba praktis serta permasalahan mengenai pola makan anak yang kurang baik, kelengkapan nutrisi dapat ditunjang dengan pemberian suplemen makanan bagi anak-anak. Disinilah peran suplemen tambahan menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak Indonesia,” jelas dr. Maria Melisa selaku Head of Medical Marketing GlaxoSmithKline.

scott2Kampanye Gerakan Nasional Sadar Gizi
Gerakan Nasional Sadar Gizi merupakan realiasi dari keikutsertaan Indonesia di SUN (Scaling Up Nutrition) Movement yang merupakan gerakan global yang diinisiasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Gerakan ini merupakan komitmen dan rencana beragam negara aksi percepatan gizi terhadap kondisi atau status gizi di sebagian besar negara berkembang dan mengakibatkan kemajuan yang tidak merata dalam mencapai Tujuan Pembangunan Millennium (MDGs).

SUN Movement lebih mengarah kepada penanganan gizi sejak 1.000 hari pertama kehidupan atau bisa dihitung dari 270 hari masa kehamilan hingga anak merayakan ulang tahun yang kedua atau 730 hari. SUN Movement sangat mendukung perbaikan gizi dan menjaring keikutsertaan yang lebih luas dari berbagai stakeholders, baik dalam tanggung jawab pelaksanaan maupun pencapaian sasaran.

Logo_Scott_BaruScott’s Emulsion
Scott’s Emulsion merupakan suplemen tambahan untuk anak yang terbuat dari minyak hati ikan kod yang hidup di dasar laut Atlantik di Islandia. Scott’s Emulsion sudah dipasarkan di Indonesia sejak 55 tahun yang lalu.

Scott’s Emulsion memiliki kandungan nutrisi penting yaitu asam lemak, omega 3, vitamin A, vitamin D, dan kalsium. Asam lemak Omega 3 memiliki kandungan DHA yang penting dan vitamin A berguna untuk menjaga fungsi penglihatan dan vitamin D untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Scott’s Emulsion tersedia dalam 2 varian rasa yaitu Scott’s Original dan Scott’s Orange, dalam kemasan 200ml dan 400ml. Selain itu Scott’s juga memiliki produk Scott’s Multivitamin rasa Grape dan Scott’s Chewyvit C yang tersedia dalam varian rasa Blackcurrant & Peach, Blackcurrant, Mixberries dan Orange.

Leave a Reply

%d bloggers like this: