Komunitas Keluarga Bumi kembali mengadakan pertemuan pada hari Rabu, tanggal 16 Maret 2011 pagi hari. Kali ini pertemuan diadakan di Tupperware HOME, rumah inspirasi untuk umum, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pertemuan kali ini diadakan dengan tujuan untuk melatih para connectors untuk dapat menjadi connection untuk menyebarluaskan pesan krisis iklim yang diemban oleh The Climate Project Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang terdiri dari relawan berdedikasi dari beragam latar belakang yang telah dilatih secara langsung oleh Al Gore, untuk mendidik dan mengajak masyarakat ikut memecahkan krisis iklim. Sebanyak 33 peserta ikut menghadiri acara ini dengan antusias.
Kembali menjadi presenter pada kegiatan ini ialah Suzy Hutomo, CEO The Body Shop Indonesia, dan Rika Anggraini, head of CSR values The Body Shop Indonesia. Presentasi berfokuskan mengenai strategi mempresentasikan slides The Climate Project di komunitas masing-masing agar pesan mengenai krisis iklim mudah dicerna oleh berbagai kalangan di berbagai komunitas. Suzy menegaskan perlunya kita menyadarkan semua orang bahwa dalam berbisnis yang harus kita perhatikan pertama semestinya ialah pelestarian lingkungan alam dulu, kemudian aspek sosial, baru kemudian keuntungan ekonomi. Ketika urutan ini dibalik, dimana perusahaan lebih mementingkan kepentingan bisnis dibanding kepentingan lingkungan dan sosial, maka yang terjadi ialah perusakan alam dan masalah sosial akibat kepentingan ekonomi perusahaan. Masalah ini tambah kompleks akibat banyaknya pemerintah daerah yang juga memiliki mindset serupa. Oleh karena itu, pesan krisis iklim ini harus disebarluaskan supaya semakin banyak pihak yang aware dan sadar.
Semangat menyebarluaskan pesan krisis iklim ini terlihat dari semua peserta yang menghadiri Connector’s traning dari beragam latar belakang. Dari perwakilan perusahaan, tampak wakil dari Nutrifood, Merck, Sinar Mas Land, Tupperware, MPI, Greeneration Indonesia, Denting Production, dan tentu saja Fortune PR selaku koordinator pertemuan. Dari kalangan lembaga non-profit terlihat wakil dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI), Garuda Youth Community (GYC), Yayasan Reguna Kreasi (XS), Jakarta Glue, serta River for Life. Pada akhir acara, Indira Abidin, Managing Director Fortune PR, mengajak semua anggota Keluarga Bumi untuk kumpul bersama membuat strategi Green Campaign bersama-sama dimana masing-masing pihak akan berkontribusi sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Acara berlangsung antusias tentunya tidak lepas dari peranan tuan rumah, yakni Tupperware yang diwakili oleh Umayanti Utami dan Neny Rengganis. Mereka bukan hanya menyediakan fasilitas meeting room Tupperware HOME namun juga memberikan bingkisan dan doorprizes kepada peserta. Tupperware sangat senang menjadi bagian dari Keluarga Bumi terlebih lagi mereka saat ini sedang meluncurkan kampanye Gaya Hidup Hijau yang mengedukasi masyarakat akan bahaya menggunakan wadah plastik dan styrofoam. Dengan Gaya Hidup Hijau, hal kecil yang kita lakukan, sangat berarti bagi lingkungan. Acara pun ditutup dengan ramah tamah dan berfoto bersama. Pertemuan selanjutnya akan diadakan pada awal April bertempat di kantor The Body Shop Indonesia.
Tentang Keluarga Bumi:
Keluarga Bumi adalah komunitas pencinta lingkungan dari beragam latar belakang: korporat dan lembaga non-profit. Komunitas ini dikoordinir oleh Fortune PR Strategic Communications. Untuk bergabung dengan Keluarga Bumi, bisa menghubungi Oscar di alamat email: oscar(at)fortunepr.com
Baca: Deklarasi Keluarga Bumi
Leave a Reply