26Oct, 2011

Memobilisasi Bisnis Anda

Buzz-city-LogoJakarta, 25 Oktober 2011 – Banyak bisnis sekarang memobilisasi operasi mereka melalui versi mobile dari situs Web mereka dan aplikasi khusus. Penggerak pertama adalah bank dan media tradisional. Di seluruh dunia, perbankan mobile pertama bermunculan sejak 10 tahun lalu, dan inovasi tersebut telah berlanjut hingga kini, termasuk di Indonesia. Di antara bank komersial yang ada di Indonesia, hampir setengah telah terlibat dalam beberapa inisiatif perbankan mobile (mobile banking).

Kegiatan perbankan mobile ini kini sedang diperluas untuk melayani lebih banyak pelanggan dan memenangkan bisnis baru. Pada bulan September 2010, Bank Sinar Harapan Bali, dan AXIS meluncurkan mobile banking guna membangun layanan perbankan berbiaya rendah yang memperluas layanan keuangan dasar ke jutaan konsumen yang selama ini kurang terlayani di Indonesia. Pada bulan September 2011, Kompas – salah satu koran terbesar di Indonesia, mulai memperluas kehadiran mobile mereka dengan 50 aplikasi baru di berbagai perangkat mobile/ponsel.

Industri perbankan dan media di Indonesia juga telah diikuti oleh maskapai penerbangan. Air Asia Indonesia telah lama mengandalkan teknologi digital sebagai dasar layanan pelanggan mereka. Didukung penuh oleh (web dan) aplikasi mobile, maskapai penerbangan ini memungkinkan pengguna untuk membeli tiket, check in, menerima boarding pass dan mengelola pemesanan semua melalui ponsel.

Meskipun banyak industri lain telah mencoba untuk memanfaatkan potensi teknologi mobile ini, namun tidak semua orang bisa berhasil. Hal ini mengakibatkan banyak pihak, khususnya bisnis yang lebih kecil, ragu-ragu untuk berinvestasi dalam teknologi mobile.

Jadi bagaimana seharusnya sebuah bisnis mengembangkan strategi mobile mereka?

Memahami teknologi mobile

Manfaat menggunakan teknologi mobile berpusat pada peningkatan komunikasi. Sama seperti panggilan suara dan SMS telah terbukti untuk menghubungkan karyawan Anda dengan Anda, pelanggan Anda dan satu sama lain, teknologi mobile dapat menghasilkan saluran komunikasi langsung dengan pelanggan yang kuat.

Aplikasi canggih yang mendorong keberhasilan awal teknologi mobile adalah pesan teks yang sederhana. Sementara SMS masih merupakan cara yang cepat untuk menghubungkan dan menyampaikan pesan sederhana, banyak teknologi komunikasi lainnya sejak saat itu menjadi tersedia:

 

  • Hubungan pelanggan dapat dikelola lebih efisien dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan & mensinkronisasi buku alamat mereka, kalender, dan email.
  • Aplikasi lain yang kompatibel dengan perangkat mobile memungkinkan pengguna untuk memperbarui tugas-tugas mereka, melihat rincian rekening nasabah, menindaklanjuti potensi bisnis baru dan meninjau berbagai jenis informasi produk.
  • Ketika disebarkan pada bauran pemasaran, teknologi mobile membantu bisnis meraih pelanggan melalui saluran langsung. Blog kami (blog.buzzcity.com) tersedia beberapa studi kasus kampanye yang telah melakukan langkah tersebut dari berbagai perusahaan seperti dari industri Otomotif sampai Entertainment, Retail ke Real Estate.

 

Poin Utama: Pertama kali anda perlu memutuskan bagian mana dari proses bisnis yang Anda ingin diubah menjadi kegiatan menggunakan teknologi mobile. Hal ini akan membantu Anda untuk memutuskan teknologi apa yang paling cocok untuk digunakan.

Memahami pengguna

Untuk lebih meningkatkan komunikasi dan penggunaan teknologi mobile, perusahaan perlu memahami perilaku pelanggan dalam menggunakan teknologi mobile dan kecenderungan-kecenderungannya. Sebuah pemahaman yang jelas atas perilaku pelanggan menyediakan fokus yang membuat interaksi pelanggan Anda (melalui SMS, mobile web atau aplikasi) relevan, berguna dan menyenangkan.

 

  • Beberapa perusahaan telah mengadopsi teknologi mobile untuk meningkatkan bagaimana mereka melayani pelanggan mereka. Hal ini biasanya dimulai dengan situs mobile yang memberi rincian informasi produk untuk membantu para pelanggan mengetahui lebih lanjut informasi mengenai produk-produk mereka. Metro Department Store, misalnya, baru-baru ini melakukan kampanye melalui jaringan kami di Indonesia untuk mempromosikan produk baru mereka dan periode diskon besar mereka.
  • Selain itu, melengkapi kehadiran di situs, perusahaan perlu menciptakan kanal jaringan sosial di mana memungkinkan para pembeli untuk mengirimkan ulasan dan memberi masukan yang dapat membantu orang lain dalam memutuskan pembelian. Layanan pelanggan semacam ini dapat menambah pengalaman membeli konsumen, dan dapat membantu perusahaan dalam mengubah potensi menjadi penjualan.
  • Perusahaan lain juga membuat katalog mereka tersedia melalui aplikasi mobile, membiarkan masyarakat tahu jika ada item tertentu dalam stok, dan menawarkan pelanggan kesempatan untuk melakukan pembelian. Blackberry berkampanye melalui jaringan kami di Indonesia untuk mempromosikan berbagai model mereka, memberikan kemudahan pembelian dengan cara cicilan per bulan kepada pelanggan untuk meningkatkan pengguna Blackberry di Indonesia.

 

Memahami media

Untuk menciptakan keterlibatan yang bisa membujuk para pengguna, bisnis juga perlu memahami teknologi mobile sebagai media:

 

  • Pertama, pelaku bisnis perlu memperjelas tujuan dari kampanye merek mereka – apakah tujuan Anda adalah untuk membuat eksposur merek, keterlibatan dengan pengguna, mendapatkan data pengguna (misalnya, melalui survei), membangun sebuah database pemasaran, atau melakukan penjualan.
  • Pastikan bahwa Anda menyesuaikan setiap tujuan kampanye merek ke saluran yang sesuai (dari SMS ke kode QR, sampai ke fungsi situs Web mobile), dan bahwa Anda memotivasi pengguna dengan tepat pada setiap tahap. Jangan hanya pertanyakan “Apa untungnya bagi saya?”, tetapi perlu juga direnungkan “Apa untungnya bagi para pengguna merek saya?”.
  • Sebuah situs mobile atau aplikasi yang baik akan menangkap proses pembelian secara alamiah. Pengguna mengharapkan kepuasan instan atas tindakan mereka jadi memahami apa yang membuat mereka tergerak adalah penting.
  • Pada akhirnya penting juga untuk menguji sebelum melangkah. Pastikan bahwa Anda fokus pada satu pasar kecil atau kategori produk, dan memperluasnya secara perlahan-lahan, sambil mengumpulkan data penggunaan.

 

Poin Utama: Anda akan perlu berkomunikasi dengan pelanggan Anda dan mendapatkan ide dari apa yang mereka harapkan dari bisnis Anda – teknologi mobile juga memberdayakan mereka untuk bersikap responsif terhadap Anda.

Peta jangka panjang: Peta pembangunan mobile harus tumbuh secara bertahap, menambahkan fitur dan peluang keterlibatan pelanggan seiring berjalannya.

Mengapa semua ini penting?

Berikut adalah 5 alasan utama kami untuk menjaga teknologi mobile tetap menjadi utama :

 

  • Sebuah grup baru penjelajah maya “mobile saja” muncul. Para pelanggan ini mahir dengan teknologi mobile. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam, dan kepercayaan, bahwa media mobile sebagai pengalaman yang lebih personal dan kurang ‘dimediasi’ – untuk hiburan, perdagangan dan komunikasi.
  • Perangkat teknologi berkembang pada kecepatan tinggi, dan hal itu mempengaruhi perilaku pengguna. Jika ada pengguna yang mulai mengharapkan kepuasan yang lebih instan. Teknologi mobile ini benar-benar menjadi remote control pada kehidupan seseorang, berintegrasi pada cara berpikir kita, bergerak, mengkreasikan, berinteraksi dan berkomunikasi.
  • Teknologi baru (seringnya berbasis cloud) menjadi tersedia, membuatnya menjadi lebih terjangkau bagi bisnis untuk menyebarkan informasi mobile sebagai bagian dari strategi bisnis mereka.
  • Pada pusat perekonomian yang digerakkan teknologi mobile ada alat baru yang membantu bisnis untuk menciptakan produk baru, pengalaman dan, untuk beberapa, model bisnis baru.
  • Dengan teknologi mobile, bisnis dapat melengkapi diri dengan platform pemasaran yang kuat yang berpusat pada pengalaman online konsumen.

 

Tentang BuzzCity  

BuzzCityadalah perusahaan media mobileyang manawarkan akses kepada pemilik branddan biro iklan ke jaringan iklan global di mobileinternet. Jaring tersebut terdiri dari para penerbitdari seluruh dunia dan BuzzCity merupakanpemilik dari properti media mobile-nya. Sebagai salah satu pemain terdepan, BuzzCitytelah mengembangkan pengetahuan yang mendalamatas para konsumen mobiledanmemberikan kesempatan yang jelas bagi para pemasar dalam menggapai para pemirsamereka melalui program-program iklan dan yang dikeluarkan para penerbit. Informasi tambahan dapat ditemukan di www.buzzcity.com.

Leave a Reply

%d bloggers like this: