Portal e-commerce dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Plasa.com melengkapi dan memperkaya layanannya dengan penambahan dua situs baru, dalam mendukung tren belanja online dalam masyarakat.
Dengan penambahan itu, Plasa.com menjadi home page yang menyediakan barang-barang berkualitas, high end, dan terbaru, ditambah Plasa Ticket yang melayani penjualan tiken konser dan pertunjukan, dan Plasa Trade Center sebagai layanan khusus untuk usaha kecil menengah (UKM).
CEO PT Metranet (anak perusahaan Telkom yang mengelola Plasa.com) Iriana Muadz mengatakan melalui tiga situs yang terintegrasi ini diharapkan dapat memperkaya konten Plasa.com dalam mendukung aktivitas belanja online masyarakat.
Selain itu, situs ini juga memberikan kesempatan bagi kalangan dunia usaha untuk dapat memanfaatkan ekosistem Plasa.com yang beragam dalam menjangkau target pasar yang lebih luas lagi, baik dari segi demografis maupun psikografis.
Menurut dia, Plasa.com hingga kini telah mengakomodasi sebanyak 2500 merchant yang tergabung dalam Plasa Trade Center, sedangkan untuk Plasa.com sudah tercatat lebih dari 1500 produk dari sekitar 100 merchant, baik produsen maupun distributor.
Dalam hal ini, pihaknya sangat selektif dalam memilih merchant, dengan melihat sejumlah kesiapan e-commerce seperti kesiapan dalam mengalokasikan stok barang yang cukup dan kesiapan menggabungkan sistem logistik mereka dengan Plasa.com.
“Melalui strategi ini, Plasa.com dapat menjadi portal e-commerce yang akan banyak dimanfaatkan para pengusaha dalam mencari saluran distribusi baru sehingga dapat menjangkau target konsumen mereka ke pasar yang lebih luas,” ujarnya kemarin.
Dukung e-commerce
Direktur IT, Solution & Supply Telkom Indra Utoyo menyatakan pengembangan platform layanan belanja online di situs Plasa.com ini merupakan dorongan dan dukungan terhadap e-commerce di Indonesia.
Dalam hal ini, Telkom ingin memberikan pengalaman baru bagi konsumen dalam aktivitas belanja online, dengan berbagai aspek mulai dari keamanan dalam bertransaksi, kenyamanan dalam memilih barang, kemudahan pembayaran, hingga kecepatan pengiriman barang.
Selain itu, pihaknya ingin menciptakan ekosistem yang terintegrasi bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan terhadap produk-produk Telkom, seperti Flexi, Speedy, dan berbagai produk Telkomsel.
“Pengembangan Plasa.com merupakan wujud keseriusan Telkom membangun bisnis media dan e-commerce yang terus berkembang di Indonesia. Bisnis ini lebih kepada beyond telecommunication untuk mendukung jaringan infrastruktur broadband yang dibangun Telkom,” jelasnya.
Adapun, Iriana menyatakan Plasa.com membangun ekosistem dan menyediakan infrastruktur sebagai strategi bisnis yang selaras dengan visi Telkom dalam meningkatkan layanan industri agar pelanggan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah dalam mengakses layanan dengan informasi yang menghibur dan edukatif.
Sumber : Bisnis Indonesia 16 September 2011
Leave a Reply