31Jul, 2012

Seagate Technology Mengumumkan Hasil Laporan Keuangan Di Kuartal Keempat 2012 Dan Tutup Tahun 2012

seagate-logoLaporan Keuangan tersebut Mencatat Pemasukan dan Keuntungan untuk Tahun Fiskal 2012 Serta Peningkatan Dividen Per Kuartal sebesar 28% hingga $0.32 per Saham.

Jakarta, Indonesia – 31 Juli 2012 – Seagate Technology plc (NASDAQ: STX) hari ini mengumumkan hasil finansial untuk kuartal dan tahun fiskal yang berakhir 29 Juni 2012. Sepanjang kuartal keempat, dalam basis GAAP perusahaan tersebut mencatat pemasukan sebesar kurang lebih $4,5 milyar, margin kotor sebesar 33,1%, penghasilan bersih sebesar $1,0 milyar dan laba cair per saham $2,37. Dalam basis non-GAAP, yang tidak mencakup dampak bersih dari beberapa barang tertentu. Seagate mengumumkan margin kotor sebesar 33,6% dan laba cair per saham sebesar $2,41.

Selama kuartal Juni, Seagate menghasilkan sekitar $1,4 milyar tunai dari operasional, dividen tunai berbayar sebesar $106 juta dan menggunakan sekitar $1,2 milyar untuk menebus hampir 45 juta saham biasa. Melewati paruh pertama dari tahun kalender 2012, Seagate telah menebus kira-kira 88 juta saham biasa, yang mewakili 19% dari semua kapitalisasi pasar perusahaan. Kas, barang-barang setara kas, kas terbatas, serta investasi jangka pendek semuanya mencapai total $2,2 milyar di akhir kuartal keempat, yang merupakan kenaikan runut sebanyak $67 juta.

Untuk tahun fiskal yang berakhir 29 Juni 2012, dalam basis GAAP, Seagate mengumumkan penghasilan sebesar $14,9 juta, margin kotor sebanyak 31,4%, pemasukan bersih sebesar $21,9 milyar dan laba cair per saham sebesar $6.49. Untuk dana di luar GAAP, perusahaan ini mencatat margin kotor sebesar 31,7% dan laba cair per saham sebanyak  $6.75. Dalam tahun fiskal 2012, Seagate mengembalikan lebih dari 85% dari arus kas untuk para pemegang saham dalam bentuk dividen dan penebusan saham.

“Seperti yang kami umumkan sebelumnya, kami kecewa karena tidak mampu untuk mencapai angka penghasilan serta margin seperti yang telah kami rencanakan dalam kuartal keempat ini, yang menerima dampak dari terlalu cepatnya kebangkitan kembali industri setelah sebelumnya menemui gangguan rantai suplai dan permasalahan yang menyangkut kualitas penyuplai di daerah terpencil yang kami alami,” ujar Steve Luczo, ketua dan chief executive officer Seagate. “Meskipun begitu, kami tetap merasa puas telah merampungkan pencatatan atas pemasukan dan pengiriman unit untuk kuartal Juni ini, sehingga Seagate dapat melanjutkan pengembalian nilai untuk para pemegang saham melalui dividen dan pembelian kembali saham.”

Untuk keterangan lebih rinci mengenai hasil rekonsiliasi hasil GAAP dan non-GAAP, silakan tinjau tabel finansial terlampir.

Seagate telah mengeluarkan dokumen Supplemental Commentary (Komentar Penambahan). Supplemental Commentary tidak akan dibacakan dalam conference call hari ini, namun dapat diakses di bagian untuk para investor di situs seagate.com.

Dividen Tunai Caturwulanan

Jajaran Direkasi telah menyetujui dividen tunai sebesar $0,32 per saham, yang pada 29 Agustus 2012 dapat dibayarkan untuk para pemegang saham tercatat seiring dengan penutupan bisnis pada 14 Agustus 2012. Pembayaran untuk dividen caturwulanan manapun di masa datang menjadi rahasia Direksi dan akan tergantung pada posisi finansial Seagate, hasil operasional, kas yang tersedia, arus kas, persyaratan modal serta faktor-faktor lainnya yang dianggap relevan oleh Direksi.

Komunikasi Investor

Manajemen Seagate akan menyelenggarakan webcast publik hari ini pukul 2:00 p.m. waktu Pasifik dalam situs Investor Relations di alamat www.seagate.com/investors. Sepanjang conference call hari ini, perusahaan akan memberikan gambaran mengenai kuartal fiskal pertama mereka di tahun 2013 dan pandangannya mengenai sisa hari di tahun kalender, termasuk asumsi-asumsi utama yang mendasarinya. Seagate telah merencanakan rapat investor dan analis pada 21 September 2012 untuk mendiskusikan perencanaan strategis jangka-panjang perusahaan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: