21Dec, 2011

Sinar Mas Land Siapkan Dana Investasi Rp.3,25 Triliun untuk Tahun 2012

MichaelWidjaja_GroupCEOSinarMasLand_2Jakarta, 21 Desember 2011- Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara semakin serius mewujudkan visi untuk menjadi The leading property developer in South East Asia, trusted by its customers, partners and other stakeholders dengan menyiapkan langkah-langkah strategis di tahun 2012.

Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land menyatakan untuk tahun 2012, Sinar Mas Land sudah menyiapkan investasi untuk Capital Expenditure Investment activities sebesar Rp.3.25 Triliun dimana sebagian besar dari dana tersebut akan dialokasikan untuk akuisisi tanah.

Sinar Mas Land pada tahun 2012 masih akan fokus pada pengembangan proyek-proyek township/ residential dan proyek komersial. “Proyek township/residential masih akan jadi fokus Sinar Mas Land.Di BSD City saja kita masih memliki lahan sekitar 4,500 hektar lagi jadi masih banyak ruang untuk melakukan pengembangan,begitupun di Kota Deltamas Cikarang yang saat ini masih memiliki land bank Lebih dari2,000 hektar untuk dilakukan pengembangan di sektor residensial maupun industrialnya yaitu di Greenland International Industrial Center (GIIC) yang juga berada di kawasan tersebut.Pasar properti pada tahun 2012 masih sangat prospektif. Kebutuhan masyarakat terhadap properti hijau yang menjadi komitmen kami juga semakin diminati,” tandas Michael.

Michael menambahkan, di 2012 Sinar Mas Land berencana menambah land bank di kawasan Jawa Timur, Bali dan Kalimantan Timur. Sinar Mas Land kemungkinan besar akan ekspansi ke 2-3 kota baru dalam waktu 3 tahun mendatang yang sebelumnya tidak terdapat di portofolio Sinar Mas Land.

Tak hanya itu, Sinar Mas Land juga akan mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Untuk jangka pendek, ada beberapa negara di kawasan Asia Tenggara yang tengah dijajaki serius.

Michael mengatakan untuk mempercepat pertumbuhan dan pengembangan proyek terutama di luar negeri,Sinar Mas Land akan menggandeng partner strategis di negara-negara tersebut.

Hal ini juga akan dilakukan di domestik, karena sebelumnya Sinar Mas Land juga telah berpengalaman dalam bekerjasama dengan sejumlah partner strategis, seperti Sojitz Japan, dan Itochu Japan.

Dilanjutkan Michael, proyek Komersial seperti Greenland International Industrial Centre (GIIC) – Kota Deltamas, Cikarang, Karawang International Industrial City (KIIC) dan beberapa proyek komersial baru yang akan dibangun di tahun 2012 oleh Sinar Mas Land ditargetkan memberikan kontribusi sekitar 45 % dari total target penjulan Sinar Mas Land tahun 2012.

Sementara sekitar 37 % pendapatan lainnya di tahun 2012 akan diperoleh dari proyek-proyek residential dibawah naungan Sinar Mas Land.Proyek Residential tersebut diantaranya yang berada di BSD City,Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur,Legenda Wisata Cibubur,Taman Permata Buana Jakarta serta berbagai proyek residential lainnya termasuk yang berada di Surabaya dan Balikpapan. Sedangkan unit bisnis strategis Asset Management seperti, penyewaan ruang mall/trade center,Gedung Perkantoran, HotelLe Grandeur,serta berbagai proyek asset management lainnya ditargetkan berkontribusi sebesar15% dari total target penjualan.

Tanggung Jawab Besar

Michael Widjaja kini bertanggungjawab atas sejumlah proyek properti di Indonesia,diantaranya proyek-proyek berskala City/ Township yaitu BSD City (6.000 hektar) dan Kota Delta Mas Cikarang(3.000 hektar), Grand Wisata Bekasi (1100 hektar) dan Kota Wisata Cibubur (1000 hektar).

Dan tentunya juga membawahi sejumlah kawasan perumahan (residential) di Jabodetabek yaitu, Legenda Wisata Cibubur, Banjar Wijaya Tangerang,Telaga Golf Sawangan, Grand Wisata Bekasi,Taman Permata Buana Jakarta,Bale Tirtawana Bogor,di Surabaya yaitu :Wisata Bukit Mas dan Villa Bukit Mas, di Balikpapan yaitu,Balikpapan Baru dan Grand City,sementara di Batam yaitu Taman Duta Mas Batam.

Selain itu, Sinar Mas Land juga menangani Hotel Le Grandeur Jakarta, dan Le Grandeur Balikpapan,sertasejumlah gedung perkantoran diantaranya Plaza BII Jakarta, Wisma BII Medan, Wisma BII Surabaya, Wisma Eka Jiwa, dan Wisma BCA di BSD City.

Sinar Mas Land juga merupakan pionir untuk jenis “strata”Retail Trade Center, yaitu ITC Mangga Dua Jakarta, ITC Kuningan Jakarta, ITC Cempaka Mas Jakarta, ITC Roxy Mas Jakarta, ITC Permata Hijau Jakarta, ITC Fatmawati Jakarta, ITC Depok, DP Mall Semarang dan ITC Surabaya Mega Grosir.

Tidak hanya itu, Sinar Mas Land juga mengelola tiga kawasan industri (industrial Center) yaitu Karawang International Industrial Center (KIIC), Greenland International Industrial Center (KIIC) yang berada di Kota Deltamas Cikarang, dan Taman Tekno BSD.

Di samping itu,Sinar Mas Land kini menaungi dua perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek yaitu PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE) dan PT.Duta Pertiwi Tbk, (DUTI)

Leave a Reply

%d bloggers like this: