09Oct, 2015

ZTE Berkolaborasi dengan PT Inet Global Indo Memberikan Konsultasi TIK Gratis Kepada Hotel-Hotel Demi Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Hotel

Foto 1
ZTE Berkolaborasi dengan PT Inet Global Indo Memberikan Konsultasi TIK Gratis Kepada Hotel-Hotel Demi Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Hotel

9 Oktober 2015, Jakarta, Indonesia – ZTE Corporation (ZTE) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), sebuah perusahaan publik global penyedia peralatan telekomunikasi, solusi-solusi jaringan, dan perangkat mobile, bekerja sama dengan PT. Inet Global Indo, memberikan konsultasi TIK kepada para IT manager dari hotel-hotel dalam acara ZTE Smart Hospitality Solution Conference 2015 yang diadakan pada tanggal 8 Oktober 2015, di Hotel Harris Sunset Road, Bali, Indonesia. Kerjasama ini menghadirkan produk dan solusi teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan hotel-hotel di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan hotel dan kepuasan pelanggan

Memasuki era IoT di mana semua perangkat akan saling terhubung, seluruh industri membutuhkan jaringan internet yang lebih baik dan cepat yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja, termasuk pada industri perhotelan. Dalam ranah industri perhotelan, dasar yang menjadi pertimbangan utama adalah bagaimana cara memberikan pelayanan yang nyaman dan mudah bagi para tamu. Salah satu cara untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan tersebut adalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi jaringan dan perbaikan manajemen TI yang tersedia di hotel tersebut. Kebutuhan ini sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh Forrester Research pada tahun 2013. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa koneksi Wi-Fi adalah salah satu fasilitas yang paling dicari oleh para tamu hotel.

“Menurut data yang dilansir oleh STR Global pada November 2014, Indonesia telah membangun sebanyak 28.806 kamar hotel baru dan jumlah pembangunan hotel di Indonesia merupakan yang terbanyak ketiga setelah Tiongkok dan India. Pesatnya pertumbuhan hotel di Indonesia tersebut harus diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan hotel. Hal tersebut dapat dilakukan melalui perbaikan manajemen TI dengan memilih, memasang dan mengelola teknologi yang sesuai dengan kebutuhan hotel tersebut. Selain itu, saat ini kebutuhan para tamu hotel akan koneksi jaringan yang lancar untuk memenuhi kebutuhan konektifitas bisnis dan personal mereka terus meningkat”, ucap Kenneth He, Vice President Channel Marketing PT ZTE Indonesia. “Memahami kebutuhan tersebut, ZTE bekerjasama dengan PT. Inet Global Indo menghadirkan solusi dan layanan TI menyeluruh dan terintegrasi untuk hotel. Berbagai teknologi dan solusi kami dapat menghadirkan layanan Wi-Fi dengan jangkauan yang lebih luas sehingga secara efektif mengurangi blank spot atau daerah yang tidak terjangkau oleh sinyal di seluruh area hotel, meningkatkan kekuatan sinyal, dan memonitor status AP (Access Point)”, tambah Ken.

Foto 2
Dalam kerjasama ini, ZTE menyediakan solusi akses jaringan broadband dan konfergensi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan manajemen hotel akan koneksi internet yang optimal untuk mendukung operasional mereka. Solusi jaringan tersebut terdiri dari solusi FTTH (Fiber to The Hotel) yang berbasis teknologi GPON (Gigabit Capable Passive Optical Network) yang merupakan teknologi akses broadband yang berbasis kabel serat optik. Built in Wi-Fi AP (WE2012) untuk di kamar tamu, AP (W811N) untuk area publik dan koridor, Powerfull PoE Switch (2928E-PS), Access Point Controller (W981s), Thin client (CT220), IPPBX (ZXECS EBG 2800), dan IP Phone (P806L).

Sebagai penyedia layanan internet berlisensi dan penyedia solusi-solusi terintegrasi dalam bidang internet dan jaringan, PT. Inet Global Indo menyediakan layanan proteksi jaringan lengkap yang dapat mengamankan data pelanggan, antara lain adalah layanan antivirus, proteksi email, proteksi jaringan, proteksi server, IPS/IDS, PMS (Property Management System) Hotel, digital signage system, serta solusi OTT (Over The Top) yang dapat diaplikasikan di seluruh kamar hotel. Seluruh layanan yang disediakan oleh PT Inet Global Indo menggunakan teknologi fiber optik dan wireless dengan layanan SLA (Service Level Agreement) mencapai 99,9%.

“Karena kebutuhan setiap hotel berbeda dan OPEX yang mereka keluarkan berbeda, kami dan ZTE mencoba untuk memberikan solusi yang dapat disesuaikan oleh setiap hotel. Di samping itu, dengan memberikan konsultasi bagi hotel yang bersedia bekerjasama, kami dapat memahami kebutuhan mereka dan menawarkan solusi terbaik yang mereka butuhkan. Dengan demikian, manajemen hotel dapat memaksimalkan OPEX untuk pengelolaan TI yang mereka keluarkan setiap bulan demi memberikan pelayanan terbaik bagi tamu mereka” Ujar Sukoco Halim, Direktur PT. Inet Global Indo.

“Kami telah menggunakan ZTE WE2012 AP yang merupakan Wi-Fi access point yang langsung terpasang di dinding. Perangkat tersebut juga dilengkapi dengan dua buah port RJ-45 untuk koneksi ethernet. Port USB pun tersedia untuk mengisi baterai layaknya sebuah powerbank. Produk tersebut mampu memperluas jaringan Wi-Fi dan meningkatkan sinyal. Solusi TI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ini dapat membantu kami dalam mengoptimalkan OPEX yang kami miliki untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan mudah, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan kami. Di samping itu, pemasangan dan perawatannya juga mudah,” jelas Hendry, IT manager Hotel Harris Jimbaran Bali yang telah menerapkan solusi Smart Hospitality hasil kerjasama ZTE dan PT. Inet Global Indo. Solusi ini telah diimplementasikan di berbagai hotel-hotel ternama, seperti Harris Legian, Harris Sunset Road, Padma Legian, Padma Ubud, dan Swiss-bel International.

Tidak hanya untuk hotel-hotel yang telah beroperasi, ZTE dan PT. Inet Global Indo juga memiliki paket solusi khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan hotel-hotel baru di Indonesia.

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan penyedia sistem telekomunikasi maju, perangkat mobile, dan solusi teknologi enterprise untuk para konsumen, carrier, perusahaan, dan pelanggan sektor publik. Sebagai bagian dari strategi M-ICT ZTE, perusahaan ini berkomitmen menyediakan inovasi end-to-end terintegrasi untuk para pelanggan demi memberikan mutu tinggi dan nilai dalam sektor teknologi informasi telekomunikasi. Terdaftar di bursa saham Hong Kong dan Shenzhen (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), Produk dan solusi ZTE terjual untuk 500 operator lebih di 160 negara lebih. ZTE berkomitmen menganggarkan 10 persen dari pendapatan tahunan mereka untuk R&D dan memiliki peran dalam kepemimpinan di organisasi bertaraf internasional. ZTE juga memiliki komitmen yang kuat dalam kegiatan sosial merupakan anggota dari UN Global Compact. Silahkan kunjungi website ZTE, www.zte.com.cn.

Tentang PT. Inet Global Indo

  1. INET GLOBAL INDO adalah penyedia layanan internet berbasis fiber optic, wireless, and VSAT yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Dengan menyediakan konsep “One Stop Solution” bagi industri informasi, teknologi, dan komunikasi (ICT), PT. INET GLOBAL INDO juga menyediakan produk dan layanan lainnya seperti: Rack & Server Collocation, Web Hosting, Cloud /Virtual Server, Network System Integrator, Interactive Hospitality Solution dan content application services lainnya. Didirikan pada tahun 2005 di Jakarta, saat ini, PT. INET GLOBAL INDO memiliki 5 kantor cabang di Bandung, Bali, Surabaya, Semarang, Lampung. Untuk menyediakan layanan terbaik bagi para pelanggan, di tahun-tahun kedepan, perusahaan ini akan mendirikan kantor cabang di berbagai wilayah lainnya di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, mohon kunjungi www.inet.net.id.

 

Kontak Media

Eveline Isnaini

Konsultan PR untuk ZTE Indonesia

Tel: +62 21 765 8506/8507

Fax: +62 21 780 5498

Mobile +62899 0844974

Email: eveline@fortunepr.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: