18Nov, 2011

ZTE Menerapkan Ambisi Brand Konsumen Global di 2011

zte_logo
Analis menetapkan ZTE sebagai vendor handset keempat terbesar di dunia

Shenzhen, Cina, 16 November 2011 – ZTE Corporation (“ZTE”) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), sebuah perusahaan publik global penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan, ditetapkan menjadi vendor handset terbesar keempat di dunia berdasarkan jumlah pangsa pasar di 2011, disamping ambisinya untuk pertumbuhan yang lebih besar dengan membuat beberapa kontrak sponsor dengan selebriti terkenal dunia.

Menurut laporan 3Q11 (kwartal ketiga 2011) dari analis industri telekomunikasi ABI research, IDC dan Strategy Analytics, ZTE mengalahkan Apple dengan menjadi pembuat handset terbesar keempat di dunia. Menurut laporan 3Q11 dari IDC, penjualan (shipment) handset ZTE mencapai 19.1 juta handset, meningkat banyak sebesar 57.9 persen dengan pangsa pasar yang berkembang sebesar 4.9 persen, mendekati peringkat ketiga yang ditempati LG Electronics. Sementara, di tiga kwartal pertama 2011, pendapatan ZTE dari penjualan tahun-ke-tahun perangkat terminal meningkat sebesar 53.4 persen.

ZTE tidak hanya terpaku pada pencapaiannya sekarang ini dengan menyiapkan langkah-langkah untuk memasuki tahun 2012. Didukung dengan keadaan keuangan yang kuat dan performa bisnis yang baik, ZTE akan berinvestasi lebih banyak lagi pada kegiatan marketing di tahun depan guna membangun kekuatan brand-nya seiring dengan posisi pangsa pasar global yang ditempati sekarang ini.

Pada bulan April, ZTE mengumumkan strategi terminal smart-nya di Beijing dimana didalamnya termasuk kerjasama dengan Huang Yida, artis Singapura (penyanyi/penulis lagu) yang menciptakan satu lagu baru ‘Light Your Smart World’ yang adalah slogan terminal smart ZTE.

Di bulan yg sama, ZTE Indonesia meluncurkan produk smartphone pertamanya, ZTE Light Tab yang dilepas untuk pasar terbuka.

Pada bulan Mei, ZTE menghadirkan tablet barunya Light Pro di Mutua Madrid Open, acara ATP World Tour Masters 1000. Gadget ini mempunyai sebuah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk acara turnamen tersebut yang menyediakan statistik resmi turnamen, informasi pemain dan jadwal pertandingan secara real-time. Pemain tennis terkenal Carles Moyà Llompart juga diundang untuk mencoba produk terminal smart ZTE.

Pada bulan September, ZTE meluncurkan smartphone unggulannya, the Skate, pada acara Cibeles Madrid Fashion Week. Supermodel Spanyol Jon Kortajarena menampilkan produk ZTE tersebut pada saat acara guna menguatkan brand perusahaan. Di Hong Kong, acara peluncuran ZTE Skate didukung oleh artis lokal Kandy Wong.

Di bulan sebelumnya, Agustus 2011, ZTE Indonesia dengan campaignnya yang bernama ZTE Androholic meluncurkan 4 product Android unggulan dan 2 produk data card.

Pada bulan Oktober, ZTE mengumumkan kontrak sponsor tur ekslusif dengan EMI Music/Virgin Records untuk mensponsori rapper Inggris Professor Green dalam tur 18 harinya. Dalam kampanye ini juga digelar kompetisi melalui Twitter @ZTE_UK untuk perangkat Skate (tanpa kartu SIM), berhadiah tiket konser regional, didukung oleh media lokal, dan kampanye Facebook terintegrasi melalui facebook.com/ZTEUK, memberikan kesempatan kepada para fans Professor Green untuk memenangkan tiket acara ekslusif di London dan untuk yang sangat beruntung sekali bisa mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan Professor Green. Juga di bulan Oktober, ZTE mengumumkan kerjasama sponsor ekslusif tur ‘Acustico’ dimana artis Spanyol David Bisbal tampil di Spanyol sepanjang bulan Oktober. Tur ini dimulai per tangal 1 November dengan konser special yang diadakan di Teatro Real, Madrid. Kerjasama ini juga adalah bagian dari strategi marketing ZTE untuk peluncuran handphone Skate-nya.

Dan sebagai puncaknya, di negara asalnya di bulan Oktober, ZTE menjadi sponsor eksklusif semua hanset dalam acara peringkat atas di Cina ‘Man’s Gang’. ZTE menampilkan semua seri smartphone dan tablet-nya dalam serial TV tersebut, menguatkan citra brand terminal smart ZTE di kalangan muda, pecinta fashion yang menjadi demografi target ZTE.

“ZTE telah bekerjasama dengan sejumlah besar selebriti dan melakukan kampanye-kampanye marketing dalam banyak acara hiburan (entertainment) sepanjang 12 bulan ini, menandakan 2011 sebagai tahun transisi perusahaan dari perusahaan label putih pembuat handset (white label ODM / original manufacturer) menjadi perusahaan dengan brand yang berdiri sendiri,” kata He Shiyou, Kepala Divisi Bisnis Mobile Terminal ZTE. “Keadaan di tahun depan dilihat akan lebih baik dan lebih besar lagi, dimana kami akan melanjutkan roadmap untuk menjadi pemain handset tiga besar dunia pada tahun 2015 nanti.”

Untuk Indonesia, ZTE akan tetap fokus mengembangkan produk smartphone berbasis Android dan ditambah dengan kehadiran produk berbasis Windows. Direktur Divisi Terminal ZTE Indonesia, Susanto Sosilo mengatakan, “ZTE akan mulai menguatkan posisinya di pasar retail Indonesia sehingga program-program marketing dan branding yang lebih baik lagi akan sangat dibutuhkan kedepannya.”

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan terdepan di dunia dengan rangkaian produk yang paling luas dan komplit, mencakup seluruh sektor secara virtual dari wireline, wireless, layanan dan pasar terminal. Perusahaan ini mengantarkan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif, dibuat sesuai permintaan ke lebih dari 500 operator di lebih dari 140 negara, membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan yang berubah dari para pelanggannya sementara mencapai pertumbuhan pendapatan. Pendapatan ZTE pada tahun 2010 memimpin industri dengan kenaikan sebesar 21% hingga USD 10.609 miliar. ZTE berkomitmen untuk mengalokasikan 10% dari pendapatannya untuk penelitian dan pengembangan, dan mengambil peran terdepan dalam beragam organisasi dunia untuk mengembangkan standar telekomunikasi. Sebuah perusahaan dengan beragam inisiatif corporate social responsibility (CSR), ZTE merupakan anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya perusahaan manufaktur telekomunikasi dari China yang tercatat di bursa saham, dengan saham yang terdaftar baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk informasi lanjut, silahkan kunjungi: www.zte.com.cn.

Leave a Reply

%d bloggers like this: